Diana, Erva (2009) Faktor2 pendorong mahasiswa dlm menonton tayangan supermama seleb show season II. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (0B) |
Abstract
ABSTRAKSI Media televisi telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari peradaban kehidupan manusia ketika kita menginginkan informasi kita dapat menonton siaran berita di televisi, saat kita ingin memperoleh hiburan maka televisi selalu dapat menyajikan tayangan-tayangan hiburan yang menarik itu merupakanm suatu kebutuhan dan kepentingan khalayak untuk menggunakan suatu media, khalayak sendiri membutuhkan suatu informasi yang bisa memenuhi kebutuhannya dengan menggunakan media, khalayak bisa mengukur sajauh mana tingkat kepuasan akan informasi tersebut dari kepuasan dan kegunaan atas media tersebut dipelajari khusus dalam studi uses and gratification, dari faktor-faktor pendorong seperti: informasi, identitas pribadi, interaksi sosial dan hiburan yang membuat seseorang untuk membutuhkan menggunakan media. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apa saja faktor-faktor yang mendorong khalayak dalam menonton tayangan Supermama Seleb Show season II dan tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang mendorong khalayak dalam menonton tayangan Supermama Seleb Show Season II, konsep yang dipakai dalam kerangka pemikiran yaitu: Komunikasi Massa, Media Massa, Televisi Sebagai Media Massa, Program Reality Show, Khalayak Televisi, Teori Uses And Gratification, dan Faktor-Faktor Mendorong Khalayak. Tipe penelitian deskriptif dengan metode survey yang menggunakan kuisioner sebagai alat pengumpulan data pada penelitian ini. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik pengumpulan data primernya dengan penyebaran kuisioner sekundernya melaui data-data. Populasi di Mahasiswa/i Universitas Mercu Buana Angkatan 2006-2007 dengan total 378 mahasiswa, dengan menggunakan rumus Suharsimi Arikunto, diambil 95 responden sebagai sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa memiliki faktor pendorong cukup tinggi untuk mendapatkan hiburan. Hal ini ditunjukkan dengan jawaban responden yang merasakan faktor hiburan paling banyak dominan dengan nilai mean tertinggi (2,7975) dalam mendorong seseorang untuk menonton Supermama Seleb Show Season II. Dengan tingginya nilai mean yang didapat dari faktor hiburan terhadap tayangan supermama seleb show season II, diharapkan agar stasiun televisi indosiar dapat mempertahankan kualitas dari setiap tayangannya khususnya acara reality show.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FK/BRD. 09 116 |
Call Number: | SK/09/558 |
NIM/NIDN Creators: | 44105010011 |
Uncontrolled Keywords: | tayangan - tv |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 17 Nov 2009 11:22 |
Last Modified: | 31 May 2017 02:08 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/25085 |
Actions (login required)
View Item |