Persepsi mahasiswa fikom univ. dr moestopo thd tayangan c-party jakarta nite n day di jak-tv

Purwokusumo, Seto (2009) Persepsi mahasiswa fikom univ. dr moestopo thd tayangan c-party jakarta nite n day di jak-tv. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI SETO PURWOKUSMO Judul: Persepsi Mahasiswa FIKOM Universitas Dr. Moestopo Terhadap Tayangan C-Party Jakarta Nite n Day di Jak TV Hal : 82 Halaman Bibliografi : 11 Buku (1958-2004) Televisi saat ini telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan manusia. Banyak orang menghabiskan waktunya lebih lama di depan pesawat televisi dibandingkan dengan waktu yang digunakan untuk ngobrol dengan keluarga atau pasangan mereka. Tayangan Feature seperti Party (Jakarta nite n day) yang disiarkan oleh Jak TV setiap hari minggu jam 23.30 WIB (Live), memiliki pasar tersendiri di Indonesia khususnya mahasiswa sangat menyukai tayangan Party. Hal ini karena tayangan Party memberikan informasi dan berita seputar acara – acara apa saja yang akan berlangsung, maupun yang sudah berlangsung di setiap club – club malam Jakarta. Dalam kehidupan manusia, komunikasi sangat berperan penting dalam melakukan setiap kegiatan, hal ini disebabkan karena manusia membutuhkan informasi dengan manusia lainnya untuk mencapai dan memenuhi kebutuhannya. Model yang paling banyak menjelaskan indikatorindikator yang mempengaruhi akibat atau hasil komunikasi adalah model AIDA (Attention, Interest, Desire, dan Action). Model AIDA memberikan gambaran bahwa dampak atau hasil komunikasi yang terjadi pada seseorang setelah menerima suatu pesan akan menyangkut empat hal yaitu: perhatian (attention), minat (interest), keinginan (desire), dan tingkah laku (action). Hal ini mengasumsikan bahwa suatu tindakan yang diambil pada dasarnya didorong oleh adanya perhatian, minat, dan keinginan. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan tipe penelitian Deskriptif, dengan metode penelitian yaitu Metode Survei. Populasi penelitian ini adalah Mahasiswa FIKOM Unioversitas Dr. Moestopo angkatan 2005-06 yang berjumlah 1910 mahasiswa dan dengan jumlah sample sebesar 95 mahasiswa. Penelitian ini menggunakan tehnik analisa dengan table tabulasi data. Setelah memperoleh hasil dari berbagai tahap seperti identitas responden, terpaan media, Attention (perhatian), Interest (minat), desire (keinginan). Peneliti kemudian mengolahnya untuk mendapatkan kesatuan tentang persepsi, yang hasilnya sebagai berikut:Mayoritas responden Mahasiswa Universitas Dr. Moestopo pada penelitian ini memberikan persepsi positif terhadap program tayangan C-Party Jakarta Nite n Day di Jak TV, yaitu sebanyak 43.16 % responden.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD. 09 062
Call Number: SK/09/554
NIM/NIDN Creators: 4410401-121
Uncontrolled Keywords: Persepsi - tayangan
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 17 Nov 2009 10:37
Last Modified: 31 May 2017 02:08
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/25081

Actions (login required)

View Item View Item