Strategi redaksi majalah gatra dlm proses pembuatan berita pd rubrik laporan khusus edisi 34 (Periode 2-8 Juli 2009)

Senjaya, Norman (2009) Strategi redaksi majalah gatra dlm proses pembuatan berita pd rubrik laporan khusus edisi 34 (Periode 2-8 Juli 2009). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Perkembangan media cetak dewasa ini di Indonesia tidak terpengaruh dengan pesatnya perkembangan media elektronik karena media cetak dalam hal ini majalah sudah memiliki konsumen pembaca tersendiri. Persaingan diantara majalah pun kian pesat, sehingga mengahruskan pemilik dan pekerja media cetak majalah harus mempunyai strategi agar dapat tetap eksis. Salah satunya yakni penerbit harus pintar dalam membuat tema berita, sudut pandanf berita hingga pemilihan nara sumber. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi redaksi Majalah Gatra dalam proses pembuatan berita pada rubric laporan khusus edisi 34. Kerangka pemikiran yang peneliti gunakan dalam hal ini adalah komunikasi massa, media cetak, majalah,. Agenda setting sebagai tolak ukur dalam penelitian Peneliti menggunakan Agenda setting dari McCombs dan Shaw yang menyatakan bahwa untuk membentuk persepsi khalayak tentang apa yang dianggap penting oleh media, maka dianggap penting oleh masyarakat. Apa yang dilupakan media, akan luput juga dari perhatian masyarakat. Pada penelitian ini strategi redaksi yang digunakan adalah manajemen redaksional oleh Hanry Fayol yaitu proses menginterpretasikan, mengkoordinasikan sumber daya, sumber dana dan sumber-sumber lainnya untuk mencapai tujuan dan sasaran melalui tahapan-tahapan. Perencanaan ( planning ), pengorganisasian ( organizing ), pergerakan ( actuating ), dan pengendalian ( controlling ). Sifat penelitian ini deskriftif kualitatif dengan metode studi kasus dimana dalam memproleh data menggunakan beberapa cara antara lain wawancara, pengamatan, menelaah dokumendokumen, dan data apapun untuk memperoleh dan menguraikan suatu kasus secara terinci. Hasil penelitian ini menunjukan strategi redaksi yang digunakan dalam proses pembuatan berita pada rubrik laporan khusus edisi 34 yakni rapat redaksi, proses pematangan wacana, proses kerja redaksi dan editing tulisan. Rapat redaksi pada edisi 34 dilakukan dua kali karena redaksi harus menyesuaikan oleh fenomena kematian Michael Jackson. Perubahan tema rubrik dilakukan pada rapat yang kedua pada H-3 menjelang proses naik cetak. Proses pematangan wacana dilakukan dalam rapat koordinasi rubrik antara reporter, korlip, jabrik dan kapuslip. Proses tersebut juga bisa dilakukan dalam kondisi informal. Wartawan dalam menjalankan tugasnya diberikan daftar pertanyaan oleh jabrik sebagai pakem kerja mereka agar tidak melebar dari substansi permasalahan. Proses selanjutnya yakni proses edting yang dilakukan oleh jabrik - editor (redaktur) - pemimpin redaksi.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD. 09 060
Call Number: SK/09/553
NIM/NIDN Creators: 04102-030
Uncontrolled Keywords: redaksi majalah
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 17 Nov 2009 10:03
Last Modified: 05 Jun 2017 06:36
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/25080

Actions (login required)

View Item View Item