Strategi kreatif iklan star mild versi apa obsesimu?

Hinardi, Wiyokto Christian (2009) Strategi kreatif iklan star mild versi apa obsesimu? S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAK Wiyokto Christian Hinardi (4430401-012) Strategi Kreatif Iklan Star Mild Versi “Apa Obsesimu?” v + 67 hal; 3 gambar; 10 lampiran Bibliografi: 20 acuan (1978 – 2005) Saat ini perkembangan industry periklanan di Indonesia sudah semakin maju. Telah banyak biro iklan Indonesia yang mengikuti kompetisi-kompetisi periklanan yang bertaraf internasional, dan tak sekedar mengikuti saja namun tak sedikit juga yang menorehkan kemenangan di dunia internasional. Namun hal ini semakin menuntut majunya kreatifitas dalam pembuatan iklan-iklan dalam negeri. Salah satunya berarti iklan produk rokok yang dibahas oleh penulis disini. Produk rokok dengan banyaknya pesaing serupa dan juga banyaknya peraturan-peraturan dalam penayangan iklan-iklannya menjadikan produk rokok memiliki tantangan tersendiri dalam pembuatan iklannya. Perumusan masalah yang diteliti oleh penulis adalah bagaimana strategi kreatif iklan Starmild versi “apa obsesimu?”, mulai dari isi pesan iklan tersebut, siapa biro iklannya dilihat dari berbagai versi dan berbagai media. Dengan tujuan penelitian untuk meneliti strategi kreatif pada iklan Starmild versi “apa obsesimu?” yaitu siapa biro iklannya, apa isi pesan iklan tersebut, dilihat dari creative brief, creative work plan dan pandangan biro iklan serta klien. Tinjauan pustaka dari penelitian ini terdiri atas Periklanan Sebagai How to Say, Strategi Kreatif Periklanan, Strategi Pesan dan Televisi Sebagai Media Periklanan. Sifat penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan metode studi kasus. Penentuan nara sumber ini melalui wawancara dengan assistant creative director dan brand officer dari Star Mild. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Dari hasil penelitian serta pembahasan penulis menemukan bahwa masih terdapat kekurangan dalam penulisan creative work plan, hal ini tentu ada kaitannya dengan creative brief yang diberikan dari pihak klien. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah bahwa pesan yang ingin disampaikan oleh klien melalui biro iklan tidak sekedar ingin meningkatkan penjualan, tapi juga ingin menyampaikan suatu pesan moral kepada target market.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/MCA. 09 020
Call Number: SK/09/549
NIM/NIDN Creators: 4430401-012
Uncontrolled Keywords: kreatif iklan
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 17 Nov 2009 09:33
Last Modified: 31 May 2017 02:08
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/25076

Actions (login required)

View Item View Item