Strategi redaksi infotainment halo selebriti dlm mempertahankan rating

Widiastuti, Nuryanti (2009) Strategi redaksi infotainment halo selebriti dlm mempertahankan rating. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Nuryanti Widyastuti (04102-031) Strategi Redaksi Halo Selebriti di SCTV dalam Mempertahankan Rating 90 halaman + 7 Lampiran Bibliografi 24 acuan + 6 sumber lain Infotainment adalah salah satu tayangan di televisi yang mendapat tempatdihati khalayak dan mempunyai penonton tetap. Infotainment semakin berkembang dan persaingannya pun semakin ketat, untuk itu setiap redaksi infotainment berlomba untuk menjadi yang terbaik, untuk mengukur keberhasilan suatu tayangan maka diperlukan rating sebagai alat ukurnya. Jika perolehan rating bagus maka tayangan tersebut berhasil menarik penonton dan pengiklan. Itu memperoleh rating tinggi maka diperlukan strategi untuk mempertahan rating. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi redaksi halo selebriti di SCTV dalam mempertahankan rating (periode Mei 2008). Dalam penelitian ini kerangka penelitian yang digunakan adalah pendekatan Teori Agenda Setting,peneliti ingin melihat bagaimana tayangan halo selebriti dalam mempertahankan rating. Jadi apa yang dianggap penting oleh tayangan halo selebriti melalui pemberitaan maka akan dianggap penting pula oleh khalayak, sehingga tayangan halo selebriti mempunyai strategi redaksional agar berita-beritanya selalu dianggap penting oleh pemirsanya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan metodologi penelitian studi kasus, peneliti melakukan analisis mendalam tentang suatu kasus waktu dan aktifitas (program, kejadian, proses, institusi atau kelompok sosial), yaitu proses kerja redaksi halo selebriti dalam usaha meningkatkan rating serta mengumpulkan informasi rinci dengan menggunakan berbagai prosedur. Kemudian peneliti menguraikan temuannya dalam penelitian ini yaitu bagaimana Redaksi Halo Selebriti dalam meningkatkan meningkatkan rating. Berdasarkan hasil penelitian yang telah didapat dan diolah oleh penulis, dapat diketahui bahwa redaksi halo selebriti menetapkan strategi mulai dari rapat redaksi yang dilakukan setiap minggu, merencanakan peliputan, narasumber dan angle berita yang sesuai dengan misi halo selebriti yaitu menghadirkan berita berdasarkan fakta dan tidak menghadirkan sesuatu yang dapat menjadi pembodohan masyarakat. Berdasarkan hasil penelitian,peneliti menyimpulkan bahwa sebelum peliputan awak halo selebriti selalu mengadakan rapat untuk perencanaan peliputan, kemudian pemilihan narasumber utama yang mempunyai newsvalue yang tinggi. Kemudian peliputan dilapangan reporter dan kameramen harus menyamakan angle wawancara dengan angle gambar serta memberi pertanyaan-pertanyaan yang dapat menghadirkan statement penting dari narasumber. Walaupun mengejar rating tetapi halo selebriti selalu menghadirkan pemberitaan fakta dan menghindari berita-berita yang berbau klenik yang bisa menjadi pembodohan bagi masyarakat.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD. 09 156
Call Number: SK/09/546
NIM/NIDN Creators: 04102-031
Uncontrolled Keywords: Strategi redaksi, rating, sctv
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 17 Nov 2009 09:22
Last Modified: 05 Jun 2017 06:36
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/25074

Actions (login required)

View Item View Item