Putra, Sandi Guna (2009) Perencanaan kreatif iklan cetak prolipid. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (0B) |
Abstract
ABSTRAKSI Sebuah kampanye periklanan tidak dapat dilepaskan dari sebuah proses perencanaan kreatif. Perencanaan kreatif merupakan proses yang sangat penting, karena didalam sebuag perencanaan kreatif terdapat tiga tahapan yang harus dilakukan, mulai dari pengumpulan informasi mengenai produk yang akan diiklankan, tahap pengerjaan kreatif iklan, dan eksekusi pesan iklan. Apabila proses perencanaan kreatif tidak dilakukan sudah dapat dipastikan kampanye periklanan yang dilakukan juga akan gagal. Periklanan merupakan Periklanan adalah komunikasi nonpersonal yang di bayar dan berisikan informasi, biasanya bertujuan untuk mempersuasi mengenai sebuah produk, jasa, atau ide yang dibiayai oleh pengiklan dengan menggunakan media. Perencanaan kreatif merupakan bagian dari proses kampanye periklanan. Didalam perencanaan kreatif terdapat tiga tahapan yang harus dilakukan, yaitu proses dimana pihak agensi periklanan menerima informasi tentang produk yang akan diiklankan, tahap pengerjaan strategi kreatif, dan tahap eksekusi iklan Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian studi kasus. Pada umumnya studi kasus lebih banyak menggunakan kata “bagaimana” atau “kenapa” dalam mengajukan pertanyaannya, ketika penelitian mempunyai sedikit kontrol atas sebuah peristiwa atau kejadian, dan ketika fokus penelitian berada di atas fenomena saat ini, dengan beberapa kontek keadaan (kehidupan) nyata. Metode studi kasus ini didesain menjadi single case, karena kasus yang teliti hanya satu kasus, yaitu perencanan kreatif iklan cetak Prolipid. Hasil penelitian yang diperoleh adalah proses perencanaan kreatif iklan cetak Prolipid ini telah dilakukan sesuai dengan tahapan dalam pengerjaan strategi kreatif sebuah iklan, mulai dari tahap pertama sampai dengan tahap ketiga. Pada perencanaan kreatif iklan cetak Prolipid ini pendekatan kreatif yang digunakan adalah pendekatan positioning. Daya tarik pesan yang digunakan adalah daya tarik emosional. Pada eksekusi kreatif iklan pendekatan yang digunakan adalah Product as a hero. Tipe layout iklan cetak Prolipid ini didominasi oleh ilustrasi berupa foto dibandingkan dengan naskah iklan atau biasa disebut dengan picture window. Naskah iklan pada iklan ini terdiri dari judul iklan dan body copy. Jenis headline yang digunakan pada iklan ini adalah judul yang memprovokasi dan mengundang rasa ingin tahu, sedang kan jenis body copy yang digunakan adalah straight line copy.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FK/MCA. 09 057 |
Call Number: | SK/09/543 |
NIM/NIDN Creators: | 04303-049 |
Uncontrolled Keywords: | kreatif iklan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 16 Nov 2009 16:34 |
Last Modified: | 05 Jun 2017 06:58 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/25071 |
Actions (login required)
View Item |