Peran dan model komunikasi humas lpp TVRI sbg tv publik (Pasca perubahan status dari persero menjadi tv publik periode tahun 2007-2008)

Handoko, Harry Fitri (2009) Peran dan model komunikasi humas lpp TVRI sbg tv publik (Pasca perubahan status dari persero menjadi tv publik periode tahun 2007-2008). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Bab 1)
Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (18kB)
[img] Text (Bab 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB)
[img] Text (Daftar Pustaka dan Lampiran)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48MB)

Abstract

ABSTRAKSI Di era modern seperti saat ini maka peranan seorang humas, semakin dibutuhkan organisasi, serta humas memegang peran penting dalam sebuah organisasi atau perusahaan baik pemerintah maupun swasta. Idealnya Humas dimasukkan dalam staff inti, langsung berada di bawah pimpinan (decision makers), atau top manager, supaya lebih mampu dalam menjalankan tugasnya Dengan posisi itu, ia dapat mengetahui secara langsung latar belakang dari suatu keputusan yang diambil oleh pimpinan lembaga organisasi Humas adalah bentuk komunikasi yang terencana, baik itu ke dalam maupun ke luar, antara suatu organisasi dengan semua khalayaknya dalam rangka mencapai tujuan-tujuan spesifik yang berlandaskan pada saling pengertian. Peran humas dalam organisasi menurut Scott M. Cutlip, Allen H. Center, dan Glen M. Broom adalah humas beperan sebagai teknisi komunikasi (communication tehnician), penasehat ahli (expert prescriber), fasilitator komunikasi, (communication facilitator), fasilitator pemecah masalah (problem solving facilitator). Sementara model komunikasi dapat diartikan sebagai representasi dari suatu peristiwa komunikasi. Menurut James E Grunig ada 4 model komunikasi humas, antara lain model press agentry, informasi publik, model asimetris dua arah, dan model symetris dua arah. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif. pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Pada teknik pengumpulan data peneliti melakukan wawancara mendalam (depth interview) dan pengamatan/observasi. Penelitian ini mengemukakan tentang perubahan Peran dan Model Komunikasi Humas LPP TVRI pasca perubahan status dari persero menjadi TV Publik tahun 2007-2008. Dari hasil penelitian dapat diketahui pokok permasalahan bahwa humas LPP TVRI tidak menerapkan peran dan model komunikasi humas secara menyeluruh pasca perubahan status LPP TVRI dari persero menjadi TV Publik, melainkan humas LPP TVRI hanya menjalankan dan menerapkan peran sebagai Teknisi Komunikasi dan Fasilitator Komunikasi untuk Model Komunikasi humas LPP TVRI menggunakan Model Informasi Publik.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/HM. 08 151
Call Number: SK/09/537
NIM/NIDN Creators: 4420401-053
Uncontrolled Keywords: model komunikasi humas
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 16 Nov 2009 16:04
Last Modified: 31 May 2017 02:08
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/25065

Actions (login required)

View Item View Item