Strategi redaksi harian rakyat merdeka dlm menentukan foto headline pd kasus suap di kejaksaan agung dlm kasus penyuapan blbi II

Suherman, (2009) Strategi redaksi harian rakyat merdeka dlm menentukan foto headline pd kasus suap di kejaksaan agung dlm kasus penyuapan blbi II. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Foto headline adalah foto atau gambar utama yang menempati halaman pertama di surat kabar. Selain untuk mempercantik perwajahan, juga bisa membuat prestasi dan daya saing sebuah surat kabar meningkat bahkan untuk mempertahankan kelangsungan produksi suatu media cetak. Satu foto dapat mewakili ribuan kata atau kalimat, dalam dunia media cetak jurnalistik menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan karena foto dapat menyegarkan tiap halaman di surat kabar, menolong mata pembaca untuk melihat peristiwa-peristiwa menarik yang tidak digambarkan dalam berita tulis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi redaksi harian rakyat merdeka dalam menentukan foto headline pada kasus suap dikejaksaan agung dalam kasus penyuapan BLBI II. Setiap penelitian diperlukan beberapa kerangka pemikiran yaitu komunikasi, komunikasi massa, fungsi komunikasi massa, media massa, foto jurnalistik, jenis foto jurnalistik, fungsi foto jurnalisti, foto tunggal, foto berita dan feature, dan untuk teorinya sendiri menggunakan model teori gate keeper dan yang terakhir strategi redaksi dalam menentukan foto headline. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mrngetahui strategi redaksi harian rakyat merdeka dalam menentukan foto headline dalam kasus penyuapan dikejaksaan agung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus yaitu dimana dalam memperoleh data menggunakan beberapa metode antara lain : wawancara, pengamatan, menelaah dokumen-dokumen, dan data apapun untuk memperoleh dan menguraikan suatu kasus secara terinci. Hasil dari penelitian ini yaitu mengetahui bagaimana strategi redaksi harian rakyat merdeka dalam menentukan foto headline pada kasus suap dikejaksaan agung dalam kasus penyuapan BLBI II, salah satu tahapannya yaitu tahap perencanaan (planning), tahap pengorganisasian (organizing), tahap pergerakan (actuating), tahap penawasan (controlling), dari semua itulah baru tersusun dimana pra produksi meliputi tahap perencanaan, pergerakan dilanjutkan dengan proses produksi meliputi tahap pengorganisasian, pergerakan, dan pengawasan dan pasca produksi meliputi tahap pengawasan, perencanaan kembali dari hasil evaluasi-evaluasi yang kurang dari foto headline yang sudah diterbitkan.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD. 09 077
Call Number: SK/09/523
NIM/NIDN Creators: 04102-043
Uncontrolled Keywords: Strategi redaksi - headline
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 13 Nov 2009 11:46
Last Modified: 05 Jun 2017 06:35
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/25052

Actions (login required)

View Item View Item