Pemberitaan krisis manajemen maskapai penerbangan adam air pd surat kabar kompas periode januari 2007 - april 2008 (analisis isi berita ttg krisis manajemen)

Rahardianty, Endah Heny (2009) Pemberitaan krisis manajemen maskapai penerbangan adam air pd surat kabar kompas periode januari 2007 - april 2008 (analisis isi berita ttg krisis manajemen). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI ENDAH HENY RAHARDIANTY 44206110050 PEMBERITAAN KRISIS MANAJEMEN MASKAPAI PENERBANGAN ADAM AIR PADA SURAT KABAR KOMPAS (Periode Januari 2007-April 2008) Bibliografi : V Bab; 87 Halaman; 4 Tabel; Lampiran Buku (1975-2006) Pemberitaan di media cetak adalah pesan yang disampaikan media kepada khalayak. Isi berita bernada positif atau negatif akan mempengaruhi gerak perusahaan. Dalam pemberitaan media, khususnya media cetak, isi berita tentang krisis yang terjadi pada suatu perusahaan dapat tergambar dan dapat membentuk opini publik. Untuk itulah, sangat penting bagi perusahaan khususnya Public Relations (PR) untuk mencermati dan menganalisa isi yang disuguhkan media pada setiap berita yang berkaitan dengan perusahaan. Rumusan masalah penelitian ini adalah untuk mengetahui Bagaimana Isi berita yang digambarkan Surat Kabar Kompas mengenai Krisis Manajemen Maskapai Penerbangan Adam Air Periode Januari 2007 – April 2008? . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Isi berita yang digambarkan pada Surat Kabar Kompas mengenai Krisis Manajemen Maskapai Penerbangan Adam Air Periode Januari 2007 – April 2008. Periode tersebut diteliti mengingat berita kontroversial yang melanda Maskapai Penerbangan Adam Air merupakan Krisis Penerbangan terhebat pada awal tahun 2007 dengan Jatuhnya Pesawat Boeing 737-400 rute Surabaya-Manado. Kerangka Pemikiran yang peneliti gunakan adalah teori komunikasi, pengertian dan peranan public relations, krisis manajemen, pengertian surat kabar, berita dan sumber berita. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan metode Analisis Isi (content analysis). Dalam penarikan sampel menggunakan total sampling dimana yang diambil adalah populasi secara keseluruhan yang berjumlah 104 ulasan pemberitaan Kompas mengenai Krisis Manajemen Maskapai Penerbangan Adam Air selama periode Januari 2007 – April 2008. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kecenderungan teks berita tentang krisis Manajemen Maskapai Penerbangan Adam Air yang disebabkan karena ketidakbecusan manajemen Adam Air menduduki posisi pertama dengan prosentase kecenderungan sebesar 94% dan menduduki peringkat kedua karena kegagalan teknologi dengan kecenderungan sebesar 4% dan 1% karena kesalahan manusia dan bencana alam. Sedangkan krisis yang terjadi kecenderungannya telah mencapai tahap akut dengan prosentase sebesar 96%, pihak Maskapai Penerbangan Adam Air sendiri tidak banyak mencoba menyampaikan klarifikasi, informasi kepada khalayak luas mengenai pemberitaan yang terjadi hal ini dapat dilihat dari kecenderungan teks berita yang menunjukan bahwa Sumber Berita terbanyak didominasi oleh Pemerintah dengan prosentase sebesar 52%.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/HM. 09 047
Call Number: SK/09/522
NIM/NIDN Creators: 44206110050
Uncontrolled Keywords: (analisis isi berita
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 13 Nov 2009 11:43
Last Modified: 31 May 2017 02:07
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/25051

Actions (login required)

View Item View Item