Representasi pembelajaran sosial pd iklan cetak garuda Indonesia versi satu penumpang satu pohon (Analisis semiotika pierce di harian umum kompas bulan april 2008)

Ardiansyah, (2009) Representasi pembelajaran sosial pd iklan cetak garuda Indonesia versi satu penumpang satu pohon (Analisis semiotika pierce di harian umum kompas bulan april 2008). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Periklanan adalah kegiatan komunikasi yang berisi pesan-pesan penjualan yang paling persuasif yang diarahkan kepada para calon pembeli. Oleh karena itu, pada umumnya iklan-iklan yang disampaikan kepada masyarakat melalui media memiliki makna yang mengandung pesan-pesan persuasif. Di samping itu dari latar belakang, maka dalam skripsi ini dirumuskan masalah yaitu, Bagaimana penggambaran pembelajaran sosial pada iklan Garuda Indonesia versi “Selamatkan Hutan Indonesia. Satu Penumpang, Satu Pohon”, melalui pemaknaan tanda atau lambang yang memakai pendekatan semiotika pierce. Pada penelitian ini, peneliti akan menganalisis makna-makna yang terkandung pada iklan Garuda Indonesia versi “Selamatkan Hutan Indonesia. Satu Penumpang, Satu Pohon” serta kaitannya dengan pemggambaran atau representasi pembelajaran sosial atas realitas sosial yang telah dikonstruksi oleh media. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif yang menghasilkan data yang bersifat deskriptif dengan menggunakan pendekatan semiotika charles chanders pierce. Untuk mengetahui makna simbol dan tanda-tanda yang ada dibalik iklan Garuda Indonesia versi “Selamatkan Hutan Indonesia. Satu Penumpang, Satu Pohon”, peneliti mengkaji setiap gambar, tulisan serta warna yang ada pada keseluruhan tampilan iklan tersebut, yang juga merupakan sebuah konstruksi realitas sosial yang dibuat oleh media juga menjadi objek penelitian yang terkait dengan konsep representasi pembelajaran sosial. Berdasarkan hasil penelitian, penulis memperoleh kesimpulan bahwa penggambaran realitas sosial yang telah sedemikian rupa dikonstruksi oleh media coba dihadirkan pada iklan ini untuk mewakilkan pesan-pesan penjualan yang menjadi tujuan utama pihak Garuda Indonesia.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/MCA. 09 041
Call Number: SK/09/515
NIM: 4430401-011
Uncontrolled Keywords: semiotika pierce - iklan
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 12 Nov 2009 16:18
Last Modified: 31 May 2017 02:07
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/25044

Actions (login required)

View Item View Item