Wibisono, Ahmad Gunawan (2009) Pelaksanaan promosi produk raksa auto care pd PT Asuransi Raksa Pratikara - Jakarta. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (0B) |
Abstract
ABSTRAK AHMAD GUNAWAN WIBISONO 44305120010 IMPLEMENTASI PROGRAM PROMOSI PRODUK RAKSA AUTO CARE PADA PT. ASURANSI RAKSA PRATIKARA – JAKARTA (PERIODE 2008) Skripsi Universitas Mercu Buana Fakultas Komunikasi Jurusan Komunikasi Pemasaran. PT. Asuransi Raksa Pratikara adalah salah satu perusahaan asuransi kerugian nasional yang bertahan di tengah menjamurnya perusahaan di industri asuransi nasional. Sebagai perusahaan asuransi kerugian, PT. Asuransi Raksa Pratikara menjual produk asuransi yang di peruntukkan untuk menjamin harta benda dan kepentingan keuangan dari para pelanggannya, salah satu diantaranya adalah kendaraan bermotor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi dari kegiatan promosi yang di lakukan oleh PT. Asuransi Raksa Pratikara dalam usahanya untuk memasarkan produk Raksa Auto Care. Sebagaimana layaknya perusahaan asuransi kerugian, produk asuransi kendaraan bermotor dari PT. Asuransi Raksa Pratikara yang di beri nama Raksa Auto Care, tidak memiliki perbedaan yang mencolok dengan produk sejenis dari perusahaan kompetitor. Hal ini dikarenakan seluruh perusahaan asuransi menggunakan polis (kontrak) yang sama terbitan Dewan Asuransi Indonesia. Oleh karena itu, komunikasi yang efektif menjadi sangat penting dan menentukan di dalam penjualan Raksa Auto Care. Dalam rangka komunikasi yang efektif tersebut, PT. Asuransi Raksa Pratikara merancang suatu kegiatan promosi yang komprehensif dengan melibatkan empat unsur bauran pemasaran yang terdiri dari kegiatan personal selling, sales promotion, advertising dan public relation untuk menunjang pemasaran produk Raksa Auto Care. Pemilihan alat-alat promosi di lakukan dengan mempertimbangkan karakteristik produk dan tingkat efektifititas komunikasi. Kerangka pemikiran menggunakan teori yang tersusun sistematis dari penjelasan komunikasi terutama yang berkaitan dengan kegiatan komunikasi pemasaran. Tipe penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan studi kasus yaitu strategi riset yang yang terfokus pada pemahaman terhadap sesuatu yang dinamis dalam konteks tunggal. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi kegiatan promosi produk Raksa Auto Care lebih diarahkan kepada pasar corprate yang tingkat penjualannya lebih besar di bandingkan dengan pasar retail. Hal ini di sesuaikan dengan karaketeristik produk yang bersifat spesial. Berdasarkan hasil penelitian, PT. Asuransi Raksa Pratikara telah menerapkan teori-teori komunikasi modern di dalam mengimplementasikan kegiatan promosi produk Raksa Auto Care.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FK/MCA. 09 040 |
Call Number: | SK/09/511 |
NIM/NIDN Creators: | 44305120010 |
Uncontrolled Keywords: | promosi produk |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 12 Nov 2009 16:04 |
Last Modified: | 31 May 2017 02:07 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/25040 |
Actions (login required)
View Item |