Strategi customer relations PT Supra Sumber Cipta dlm menjalin hubungan baik dgn pelanggan (Periode Mei 2008 - Juni 2009)

Kurniawan, Moh Taufik (2009) Strategi customer relations PT Supra Sumber Cipta dlm menjalin hubungan baik dgn pelanggan (Periode Mei 2008 - Juni 2009). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAK Nama : Moch. Taufik Kurniawan NIM : 04202 – 063 Judul : Strategi Customer Relations PT. Supra Sumber Cipta Dalam Menjalin Hubungan Baik dengan Pelanggan (Periode Mei 2008 – Juni 2009) Bibliografi : 25 bahan buku acuan (1992-2004) Salah satu publik eksternal suatu perusahaan adalah pelanggan (customer). Melakukan hubungan dengan customer biasa dilakukan dengan kegiatan customer relations dari organisasi atau perusahaan kepada customer. Kegiatan ini dilakukan sedemikian rupa sehingga customer merasa ikut dilibatkan dalam proses kegiatan yang dilakukan oleh sebuah perusahaan guna mendukung tujuan yang telah ditetapkan dan ikut serta dalam usaha memajukan organisasi atau perusahaan yang bersangkutan. Pelanggan merupakan salah satu asset perusahaan yang paling berharga. Membina hubungan baik dengan pelanggan sangat penting bagi penentuan strategi komunikasi pelayanan demi terciptanya kepuasan pelanggan sebagai salah satu tujuan akhir dari kegiatan customer relations. Customer Relations merupakan kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk membina hubungan baik dengan pelanggan. Dalam mencapai keinginan dan harapan pelanggan terhadap produk/jasa yang disampaikan perusahaan kepada konsumen. Oleh karena itu Head Of Branch PT. Supra Sumber Cipta dalam menjalin hubungan baik dengan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi Customer Relations PT. Supra Sumber Cipta dalam menjalin hubungan baik dengan pelanggan. Dalam menjalankan aktivitas tersebut meliput tahapan riset, pelaksanaan, perencanaan dan evaluasi. Agar mempermudah dalam memperoleh kepuasan pelanggan terhadap kegiatan. Adapun penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah indepth interview atau wawancara secara mendalam dengan Head Of Branch dan pelanggan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam menjalin hubungan baik dengan Customer Relations di PT. Supra Sumber Cipta merupakan tanggung jawab dari bagian pemasaran perusahaan. Dalam memberikan kepuasan pelanggan melalui personal selling yang dilakukan perusahaan terhadap customer maka ada pelanggan yang merasa puas dan tidak puas dengan pelayanan yang diberikan karyawan. Kegiatan Customer Relations tersebut merupakan bagian aktivitas PT. Supra Sumber Cipta dalam menjalin hubungan baik.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/HM. 09 007
Call Number: SK/09/508
NIM/NIDN Creators: 04202-063
Uncontrolled Keywords: customer relations
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 12 Nov 2009 15:24
Last Modified: 05 Jun 2017 05:02
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/25037

Actions (login required)

View Item View Item