Kebocoran Kabin Yang Diperbolehkan Untuk Pesawat Boeing 737 - 700 Dengan Metode Pressure Decay.

Sodik, Japar (2009) Kebocoran Kabin Yang Diperbolehkan Untuk Pesawat Boeing 737 - 700 Dengan Metode Pressure Decay. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (FULL SKRIPSI)
0130311-045 Japar Sodik.pdf
Restricted to Registered users only

Download (971kB)

Abstract

ABSTRAK Perawatan berkala atau inspeksi berkala pada pesawat terbang Boeing 737 - 700 dilaksanakan dengan waktu yang sudah ditentukan oleh pabrik pembuat pesawat dan harus dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. dalam pelaksanaan perawatan berkala pesawat terbang Boeing 737 - 700 dapat dibagi dalam beberapa waktu pengerjaannya, misal dapat dilaksanakan pada saat transit check, A - check, B - check, C – check dan juga D - check ( Over haul ). Seluruh aktifitas pengerjaan dapat dilakukan diluar hanggar maupun didalam hanggar dengan adanya pemeriksaan atau perawatan secara berkala, maka pesawat dapat dinyatakan layak terbang dengan ketentuan atau peraturan pabrik pembuat, maka setiap penumpang dapat menggunakan pesawat dengan aman, nyaman dan selamat. Keterlambatan waktu pelaksanaan pekerjaan banyak disebabkan oleh faktor – faktor lain seperti : suku cadang tidak tersedia digudang, dan kalibrasi komponen untuk memenuhi kebutuhan pesawat yang sedang beroperasi, proses perbaikan komponen terlalu lama, pengetesan kebocoran kabin secara manual hanya untuk mengetahui turunnya tekanan dari 4 psid hingga 2.5 psid sesuai dengan prosedur, tetapi dengan menggunakan simulasi metode pressure decay kita dapat mengetahui luas kebocoran dari ketinggian 41000 ft ( 2.0 sq in ) sampai dengan landing. Untuk kenyamanan bagi para penumpang maka sistem udara bertekanan dan juga sistem air conditioning didalam pesawat harus memenuhi keriteria yang sudah ditentukan oleh peraturan penerbangan internasional, dan harus dalam keadaan baik dan nyaman karena jika sistem tidak bekerja dengan baik maka tubuh kita akan mengalami kekurangan oksigen didalam tubuh dan menyebabkan terjadinya Hypoxia kerusakan pada organ tubuh manusia salah satunya adalah alat pendengaran akan sakit jika terkena udara bertekanan yang besar, maka dengan standart yang telah ditentukan para penumpang dapat merasakan nyamannya menggunakan pesawat terbang.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FTI/MSN. 09 041
Call Number: STI/09/579
NIM/NIDN Creators: 0130311-045
Uncontrolled Keywords: METODE PRESSURE DECAY
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 22 Dec 2009 15:50
Last Modified: 02 Dec 2022 08:39
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/25015

Actions (login required)

View Item View Item