Pemilihan Jenis Produk Almunium Sulfate (Penjernih Air) yang Diinginkan Konsumen Dengan Metode Analytyc Hierarchy Process Di PT. Timur Raya Tunggal.

Ahmad, (2009) Pemilihan Jenis Produk Almunium Sulfate (Penjernih Air) yang Diinginkan Konsumen Dengan Metode Analytyc Hierarchy Process Di PT. Timur Raya Tunggal. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (499kB)

Abstract

ABSTRAK Jenis produk Almunium Sulfate (Penjernih Air) yang mampu diandalkan sangat dibutuhkan PT TIMURAYA TUNGGAL sebagai produk yamg mampu mempunyai pemasaran yang baik untuk pembuatan Almunium Sulfate (Penjernih Air). Saat ini pokok permasalahannya yaitu PT TIMURAYA TUNGGAL tidak mempunyai suatu sistem pengukuran yang baik dalam memilih jenis produk Almunium Sulfate (Penjernih Air). Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, dibutuhkan suatu model pemilihan jenis produk yang baik, dimana model ini dapat mempresentasikan semua elemen yang ada pada pemilihan jenis produk di PT TIMURAYA TUNGGAL. Setelah dilakukan suatu penelitian pendahuluan, didapatkan elemen kriteria, subkriteria yang cukup mewakili dalam hal pemilihan jenis produk. Untuk memudahkan pengolahan elemen-elemen tersebut, dibuatlah suatu model pemilihan jenis produk yang didalamnya berisi unsur pemilihan yang sudah didapatkan, alternatif supplier, dan alternatif metode perhitungan yang akan dipakai. Metode-metode yang akan dipilih dan dipakai dalam pemilihan jenis produk yaitu metode Analytic Hierarchy Process (AHP) . Berdasarkan kuesioner identifikasi keterkaitan antar elemen, ternyata antara satu elemen dengan elemen lainnya saling mempengaruhi satu sama lain. Untuk mengolah suatu model pemilihan jenis produk dengan kondisi seperti itu, metode pemilihan jenis produk yang dipakai adalah metode AHP. Pertama-tama pengolahan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner perbandingan berpasangan kepada pakar untuk di isi. Setelah itu dilakukan uji konsistensi perbandingan berpasangan untuk mengetahui apakah bobot yang di berikan adalah konsisten atau tidak. Setelah konsisten, dilakukan perhitungan supermatriks sehingga didapatkan prioritas alternatif maupun subkriteria. Pada tahap pengolahan data dibantu oleh software Evolution Excoise. Dari hasil pengolahan data, diperoleh urutan jenis produk terbaik yaitu produk jenis KORAL dengan bobot 0.56. Lalu elemen pemilihan ternyata didominasi oleh subkriteria kualitas produk dengan bobot 0.23, kemudian diikuti oleh 3 subkriteria yang nilai bobotnya tidak terpaut jauh yaitu subkriteria penerimaan produk, subkriteria ketahanan produk dan subkriteria komunikasi Kata Kunci: Pengamilan Keputusan,AHP(Analytycal Hearchy Process),Konsentrasi Rasio

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FTI/IND. 09 020
Call Number: STI/09/582
NIM: 01603-010
Uncontrolled Keywords: METODE ANALYTIC HIERARCHY PROCESS(AHP)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 23 Dec 2009 10:47
Last Modified: 05 Jun 2017 03:16
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/25012

Actions (login required)

View Item View Item