Implementasi Data Mining Dengan Metode Clustering Untuk Melakukan Competitive Intelligence Perusahaan.

Rindho, Noor (2009) Implementasi Data Mining Dengan Metode Clustering Untuk Melakukan Competitive Intelligence Perusahaan. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
41505110-210 NOOR RINDHO COVER.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
41505110-210 NOOR RINDHO ABSTRAK.pdf

Download (46kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
41505110-210 NOOR RINDHO BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB)
[img] Text (BAB II)
41505110-210 NOOR RINDHO BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (561kB)
[img] Text (BAB III)
41505110-210 NOOR RINDHO BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (766kB)
[img] Text (BAB IV)
41505110-210 NOOR RINDHO BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (759kB)
[img] Text (BAB V)
41505110-210 NOOR RINDHO BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (72kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
41505110-210 NOOR RINDHO DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (880kB)

Abstract

ABSTRAKSI Dunia bisnis yang terganggu dengan adanya krisis ekonomi global yang dimulai sejak akhir tahun kemarin, menjadikan seorang manager bisnis harus pintar - pintar dalam merancang strategi bisnis untuk kemajuan usahanya. Salah satu poin penting yang tidak boleh dilupakan dalam merancang strategi bisnis adalah konsumen. Konsumen merupakan salah satu unsur penunjang suatu usaha atau bisnis bisa mengalami kemajuan ataupun kemunduran, sehingga dalam hal ini keberadaan konsumen tidak boleh dipandang dengan sebelah mata saja. Untuk mengelola data konsumen ini, dibutuhkan sebuah metode yang bisa digunakan untuk menggali informasi – informasi tersembunyi dari data tersebut. Metode tersebut dikenal dengan data mining. Dengan bantuan perangkat lunak, data mining akan melakukan proses analisa data untuk menemukan pola atau aturan tersembunyi dalam lingkup hinpunan data konsumen tersebut. Pada studi kasus ini, analisa data mining dilakukan dengan metode clustering yang mengunakan algoritma hirarki divisive yang kemudian diterjemahkan dalam sebuah perangkat lunak. Perangkat lunak ini, yang akan digunakan untuk pengelompokan konsumen berdasarkan data transaksi yang dilakukan, sehingga bisa didapatkan kelompok – kelompok konsumen menurut tingkat keaktifan transaksinya. Hal-hal yang telah dilakukan dan apa yang belum dilakukan pada pengembangan perangkat lunak ini akan diulas pada bagian akhir studi kasus ini. Kata kunci : data mining, metode clustering, algoritma hirarki divisive

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FIK/INFO. 09 119
Call Number: SIK/09/258
NIM/NIDN Creators: 41505110210
Uncontrolled Keywords: data mining, metode clustering, algoritma hirarki divisive
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 28 Dec 2009 14:46
Last Modified: 06 Jun 2022 04:18
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/24984

Actions (login required)

View Item View Item