Rindho, Noor (2009) Implementasi Data Mining Dengan Metode Clustering Untuk Melakukan Competitive Intelligence Perusahaan. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.
|
Text (HAL COVER)
41505110-210 NOOR RINDHO COVER.pdf Download (258kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
41505110-210 NOOR RINDHO ABSTRAK.pdf Download (46kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
41505110-210 NOOR RINDHO BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (142kB) |
||
Text (BAB II)
41505110-210 NOOR RINDHO BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (561kB) |
||
Text (BAB III)
41505110-210 NOOR RINDHO BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (766kB) |
||
Text (BAB IV)
41505110-210 NOOR RINDHO BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (759kB) |
||
Text (BAB V)
41505110-210 NOOR RINDHO BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (72kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
41505110-210 NOOR RINDHO DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (880kB) |
Abstract
ABSTRAKSI Dunia bisnis yang terganggu dengan adanya krisis ekonomi global yang dimulai sejak akhir tahun kemarin, menjadikan seorang manager bisnis harus pintar - pintar dalam merancang strategi bisnis untuk kemajuan usahanya. Salah satu poin penting yang tidak boleh dilupakan dalam merancang strategi bisnis adalah konsumen. Konsumen merupakan salah satu unsur penunjang suatu usaha atau bisnis bisa mengalami kemajuan ataupun kemunduran, sehingga dalam hal ini keberadaan konsumen tidak boleh dipandang dengan sebelah mata saja. Untuk mengelola data konsumen ini, dibutuhkan sebuah metode yang bisa digunakan untuk menggali informasi – informasi tersembunyi dari data tersebut. Metode tersebut dikenal dengan data mining. Dengan bantuan perangkat lunak, data mining akan melakukan proses analisa data untuk menemukan pola atau aturan tersembunyi dalam lingkup hinpunan data konsumen tersebut. Pada studi kasus ini, analisa data mining dilakukan dengan metode clustering yang mengunakan algoritma hirarki divisive yang kemudian diterjemahkan dalam sebuah perangkat lunak. Perangkat lunak ini, yang akan digunakan untuk pengelompokan konsumen berdasarkan data transaksi yang dilakukan, sehingga bisa didapatkan kelompok – kelompok konsumen menurut tingkat keaktifan transaksinya. Hal-hal yang telah dilakukan dan apa yang belum dilakukan pada pengembangan perangkat lunak ini akan diulas pada bagian akhir studi kasus ini. Kata kunci : data mining, metode clustering, algoritma hirarki divisive
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FIK/INFO. 09 119 |
Call Number: | SIK/09/258 |
NIM/NIDN Creators: | 41505110210 |
Uncontrolled Keywords: | data mining, metode clustering, algoritma hirarki divisive |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 28 Dec 2009 14:46 |
Last Modified: | 06 Jun 2022 04:18 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/24984 |
Actions (login required)
View Item |