Improvement Proses Pengadaan Barang Tidak Langsung Dengan Aplikasi e-Procurement System di PT Yamaha Indonesia Motor Mfg

A, M.Noor Ibrahim (2009) Improvement Proses Pengadaan Barang Tidak Langsung Dengan Aplikasi e-Procurement System di PT Yamaha Indonesia Motor Mfg. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (508kB)

Abstract

PT. Yamaha Indonesia Motor Mfg merupakan salah satu ATPM sepeda motor terbesar di Indonesia. Perusahaan sepeda motor ini mengalami permasalahan dalam proses pengadaan barang tidak langsung yang pada umumnya memang kurang praktis dan menghabiskan banyak kertas kerja, serta waktu yang relatif cukup lama. Hal itu dikarenakan proses kerja masih menggunakan cara manual yang sangat mengandalkan ketelitian manusia. Hal ini dapat mengakibatkan produktivitas kerja menurun, loss cost serta keterlambatan kedatangan barang karena lead time process yang panjang. Untuk penyelesaian masalah tersebut, perusahaan kemudian mengembangkan suatu sistem terintegrasi antara end user, bagian production control, bagian pembelian dan bagian keuangan, dalam hal pengadaan barang tidak langsung. Sistem tersebut dikenal dengan e-Procurement, yaitu sistem informasi berbasis komputer yang dapat memudahkan proses pengadaan barang serta dapat membantu setiap end user untuk mengendalikan stok yang ada. Analisa dilakukan dengan melakukan perbandingan antara proses pengadaan barang tidak langsung secara manual dan system. Dengan demikian perusahaan dapat mengetahui tingkat perbaikan yang dapat diperoleh serta mengevaluasinya dengan melakukan survey terhadap end user satisfaction. Dari analisa tersebut diperoleh kesimpulan bahwa dengan menggunakan eprocurement system, perusahaan mendapatkan keuntungan dengan improvement dalam hal efisiensi waktu dan tenaga kerja, peningkatan produktivitas kerja dengan alur proses yang lebih sederhana, serta penekanan biaya.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FTI/IND. 09 031
Call Number: STI/09/550
NIM: 41606110025
Uncontrolled Keywords: produktivitas kerja, lead time process, end user satisfaction, improvement, dan penekanan biaya)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 21 Dec 2009 15:46
Last Modified: 31 May 2017 02:07
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/24949

Actions (login required)

View Item View Item