A, M.Noor Ibrahim (2009) Improvement Proses Pengadaan Barang Tidak Langsung Dengan Aplikasi e-Procurement System di PT Yamaha Indonesia Motor Mfg. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.
Text (FULL SKRIPSI)
41606110025 M.Noor Ibrahim A.pdf Restricted to Registered users only Download (508kB) |
Abstract
PT. Yamaha Indonesia Motor Mfg merupakan salah satu ATPM sepeda motor terbesar di Indonesia. Perusahaan sepeda motor ini mengalami permasalahan dalam proses pengadaan barang tidak langsung yang pada umumnya memang kurang praktis dan menghabiskan banyak kertas kerja, serta waktu yang relatif cukup lama. Hal itu dikarenakan proses kerja masih menggunakan cara manual yang sangat mengandalkan ketelitian manusia. Hal ini dapat mengakibatkan produktivitas kerja menurun, loss cost serta keterlambatan kedatangan barang karena lead time process yang panjang. Untuk penyelesaian masalah tersebut, perusahaan kemudian mengembangkan suatu sistem terintegrasi antara end user, bagian production control, bagian pembelian dan bagian keuangan, dalam hal pengadaan barang tidak langsung. Sistem tersebut dikenal dengan e-Procurement, yaitu sistem informasi berbasis komputer yang dapat memudahkan proses pengadaan barang serta dapat membantu setiap end user untuk mengendalikan stok yang ada. Analisa dilakukan dengan melakukan perbandingan antara proses pengadaan barang tidak langsung secara manual dan system. Dengan demikian perusahaan dapat mengetahui tingkat perbaikan yang dapat diperoleh serta mengevaluasinya dengan melakukan survey terhadap end user satisfaction. Dari analisa tersebut diperoleh kesimpulan bahwa dengan menggunakan eprocurement system, perusahaan mendapatkan keuntungan dengan improvement dalam hal efisiensi waktu dan tenaga kerja, peningkatan produktivitas kerja dengan alur proses yang lebih sederhana, serta penekanan biaya.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FTI/IND. 09 031 |
Call Number: | STI/09/550 |
NIM/NIDN Creators: | 41606110025 |
Uncontrolled Keywords: | produktivitas kerja, lead time process, end user satisfaction, improvement, dan penekanan biaya) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Industri |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 21 Dec 2009 15:46 |
Last Modified: | 07 Dec 2022 02:22 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/24949 |
Actions (login required)
View Item |