KECENDERUNGAN STRATEGI KREATIF IKLAN OPERATOR TELEPON SELULAR DI SURAT KABAR HARIAN KOMPAS PERIODE 15 JUNI SAMPAI DENGAN 31 JULI 2009

SUPRAPTO, AGUSTINUS (2010) KECENDERUNGAN STRATEGI KREATIF IKLAN OPERATOR TELEPON SELULAR DI SURAT KABAR HARIAN KOMPAS PERIODE 15 JUNI SAMPAI DENGAN 31 JULI 2009. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (COVER)
cover.pdf

Download (932kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrak..pdf

Download (26kB) | Preview
[img] Text (BAB 1)
bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB)
[img] Text (BAB 2)
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB)
[img] Text (BAB 3)
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (76kB)
[img] Text (BAB 4)
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (669kB)
[img] Text (BAB 5)
bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14kB)

Abstract

Operator telepon selular merupakan produk jasa yang memberikan layanan danfasilitasbagipenggunaponseluntukdapatberkomunikasi.Seiringdengankemajuanteknologikomunikasi,teleponselular(ponsel)sudahtidakdinilaisebagaibarangyangeksklusif.Seiringdenganitu,persainganbisnisoperatorselulartakdapatdihindari.Untukmemenangkankomunikasipemasaran,makadibutuhkan strategi dalam mengkampanyekan produknya.Dalamberiklandibutuhkanstrategikreatifyangtepatagariklanyangdibuatmemilikidayapikatdandapatmempengaruhikhalayakuntukmenggunakanprodukyangdikomunikasikan.Namunpadaketigapuluhlimaiklanoperatorteleponselularyangditeliti,strategiyangdigunakancenderungsamayaitumenawarkankeuntungan-keuntunganbilamenggunakanproduknya,misalnya tarif nelpon murah, SMS murah, Internet murah, cepat dan sebagainya. Penelitianinibertujuanuntukmengetahuikecenderunganstrategikreatif(Copywriting, visualdandayatarikiklan) OperatorSelulardisuratkabarharianKompastanggal15Junisampai31Juli2009(menjelangdanmasaliburansekolah).Sifatpenelitianiniadalahdeskriptifdenganmenggunakanmetodeanalisaisi(contentanalysis).Metodeanalisisisidigunakanuntukmendeskripsikankecenderunganstrategikreatifpadaiklanoperatorselularberdasarkankecenderunganpenggunaanelemencopywriting,visualdandayatarikpesan.PopulasidalampenelitianiniadalahiklanOperatorSelularpadasuratkabarharianKOMPAStanggal15Junisampaidengan31Juli2009yangberwarna,sedangkan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampel.HasilpenelitianyangdiperolehadalahiklanOperatorSelularpadasuratkabar harian KOMPAS tanggal 15 Juni sampai dengan 31 Juli 2009, pada kategori copywriting;42,8%menggunakan BenefitHeadline,51,7%menggunakan subheadline, 60% menggunakan Straight Copy. Pada kategori visual; 42,9% Show The HappyResultOfUsingTheProduct,45,7%photographyjuga45,7%photography&drawing,60%warnadominant.Padakategoridayatarikpesan;40%daya tarik rasional dan emosional. 6PadapenelitianinidapatdisimpulkanbahwaiklanoperatorselulardisuratkabarharianKOMPASedisi15Junisampaidengan31Juli2009cenderungmenggunakanpendekanstrategipreemptive,yangnampakdarikecenderunganpenggunaanelemen-elemen;padakategori copywriting;BenefitHeadline, subheadlinedanStraightCopy. Padakategori visual; ShowTheHappyResultOfUsingTheProduct, photographyjugaperpaduanphotography&drawingdanwarnadominant.Padakategoridayatarikpesan;dayatarikrasionaldanemosional

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/MCA. 10 068
Call Number: SK/43/10/023
NIM/NIDN Creators: 0430212-031
Uncontrolled Keywords: STRATEGI IKLAN
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 13 Apr 2010 10:27
Last Modified: 22 May 2025 04:15
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/24500

Actions (login required)

View Item View Item