SUPRAPTO, AGUSTINUS (2010) KECENDERUNGAN STRATEGI KREATIF IKLAN OPERATOR TELEPON SELULAR DI SURAT KABAR HARIAN KOMPAS PERIODE 15 JUNI SAMPAI DENGAN 31 JULI 2009. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (COVER)
cover.pdf Download (932kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
abstrak..pdf Download (26kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB 1)
bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (51kB) |
|
![]() |
Text (BAB 2)
bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (139kB) |
|
![]() |
Text (BAB 3)
bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (76kB) |
|
![]() |
Text (BAB 4)
bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (669kB) |
|
![]() |
Text (BAB 5)
bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (29kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (14kB) |
Abstract
Operator telepon selular merupakan produk jasa yang memberikan layanan danfasilitasbagipenggunaponseluntukdapatberkomunikasi.Seiringdengankemajuanteknologikomunikasi,teleponselular(ponsel)sudahtidakdinilaisebagaibarangyangeksklusif.Seiringdenganitu,persainganbisnisoperatorselulartakdapatdihindari.Untukmemenangkankomunikasipemasaran,makadibutuhkan strategi dalam mengkampanyekan produknya.Dalamberiklandibutuhkanstrategikreatifyangtepatagariklanyangdibuatmemilikidayapikatdandapatmempengaruhikhalayakuntukmenggunakanprodukyangdikomunikasikan.Namunpadaketigapuluhlimaiklanoperatorteleponselularyangditeliti,strategiyangdigunakancenderungsamayaitumenawarkankeuntungan-keuntunganbilamenggunakanproduknya,misalnya tarif nelpon murah, SMS murah, Internet murah, cepat dan sebagainya. Penelitianinibertujuanuntukmengetahuikecenderunganstrategikreatif(Copywriting, visualdandayatarikiklan) OperatorSelulardisuratkabarharianKompastanggal15Junisampai31Juli2009(menjelangdanmasaliburansekolah).Sifatpenelitianiniadalahdeskriptifdenganmenggunakanmetodeanalisaisi(contentanalysis).Metodeanalisisisidigunakanuntukmendeskripsikankecenderunganstrategikreatifpadaiklanoperatorselularberdasarkankecenderunganpenggunaanelemencopywriting,visualdandayatarikpesan.PopulasidalampenelitianiniadalahiklanOperatorSelularpadasuratkabarharianKOMPAStanggal15Junisampaidengan31Juli2009yangberwarna,sedangkan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampel.HasilpenelitianyangdiperolehadalahiklanOperatorSelularpadasuratkabar harian KOMPAS tanggal 15 Juni sampai dengan 31 Juli 2009, pada kategori copywriting;42,8%menggunakan BenefitHeadline,51,7%menggunakan subheadline, 60% menggunakan Straight Copy. Pada kategori visual; 42,9% Show The HappyResultOfUsingTheProduct,45,7%photographyjuga45,7%photography&drawing,60%warnadominant.Padakategoridayatarikpesan;40%daya tarik rasional dan emosional. 6PadapenelitianinidapatdisimpulkanbahwaiklanoperatorselulardisuratkabarharianKOMPASedisi15Junisampaidengan31Juli2009cenderungmenggunakanpendekanstrategipreemptive,yangnampakdarikecenderunganpenggunaanelemen-elemen;padakategori copywriting;BenefitHeadline, subheadlinedanStraightCopy. Padakategori visual; ShowTheHappyResultOfUsingTheProduct, photographyjugaperpaduanphotography&drawingdanwarnadominant.Padakategoridayatarikpesan;dayatarikrasionaldanemosional
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FK/MCA. 10 068 |
Call Number: | SK/43/10/023 |
NIM/NIDN Creators: | 0430212-031 |
Uncontrolled Keywords: | STRATEGI IKLAN |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 13 Apr 2010 10:27 |
Last Modified: | 22 May 2025 04:15 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/24500 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |