VALENTINA, LITA (2010) BALANCED SCORECARD UNTUK PENGUKURAN PERFORMANSI KNOWLEDGE MANAGEMENT SYSTEM DI PERUSAHAAN. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (COVER)
COVER.pdf Download (64kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
01. ABSTARK-bsc.pdf Download (94kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB I)
03. BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (110kB) |
|
![]() |
Text (BAB II)
04. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (256kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
05. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (107kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
06. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (273kB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
07. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (250kB) |
|
![]() |
Text (BAB VI)
08. BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (78kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (82kB) |
Abstract
Knowledge Management System (KMS) yang diimplementasikan di perusahaan perlu diukur performansinya. Salah satu metode pengukuran performansi yang biasa digunakan di perusahaan/organisasi adalah balanced scorecard (BSC). BSC memandang objek pengukuran dari empat perspektif. Tugas akhir ini bertujuan melihat peluang apakah BSC dapat digunakan untuk mengukur performansi KMS di perusahaan. Batasan pembahasan adalah untuk pengukuran performansi menggunakan BSC dan tidak sampai pada hasil pengukurannya. BSC biasa digunakan untuk mengukur performansi perusahaan yang dalam tugas akhir ini dapat dipandang sebagai sebuah system maupun organisasi. Oleh karena itu, ada kebutuhan untuk melihat kesetaraan perusahan dan KMS. Hal ini dapat dilakukan dengan membentuk analogi antara KMS dan perusahan. Untuk memperoleh gambaran contoh model KMS perusahaan yang diterapkan di dunia nyata, maka dilaksanakanlah observasi KMS yang ada di PT. Telkom, Tbk. Pada pengukuran performansi KMS perusahaan menggunakan BSC, tujuan strategis KMS diturunkan ke level operasional menjadi key performance indicator (KPI). KPI kemudian digunakan mengukur performansi KMS. Untuk memberikan gambaran KPI apa saja yang dapat digunakan untuk merepresentasikan tujuan strategis digunakanlah key success factor (KSF) dari setiap tujuan strategis. Hasil rumusan KPI kemudian dievaluasi untuk melihat apakah semua KPI yang dirumuskan sudah dapat merepresentasikan setiap tujuan strategis KMS. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa hasil rumusan KPI telah dapat merepresentasikan semua tujuan strategis yang ada. Pada akhirnya yang dapat disimpulkan bahwa BSC berpeluang untuk mengukur performansi KMS dengan memperhatikan beberapa hal, seperti penggunaan KPI kualitatif, penentuan calon responden yang tepat, perbedaan objek pengukuran KMS di perusahaan. Kata Kunci : Analogi, Balanced Scorecard, Key Performance Indikator, Key Success Factor
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FT/IND. 10 007 |
Call Number: | STI/16/10/039 |
NIM/NIDN Creators: | 41605110043 |
Uncontrolled Keywords: | BALANCED SCORECARD |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Industri |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 10 May 2010 11:59 |
Last Modified: | 19 May 2025 01:54 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/24419 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |