ANALISIS TARIF BUS DAMRI TRAYEK BLOK M – BANDARA SOEKARNO-HATTA JAKARTA

SOFYAN, IFAN (2010) ANALISIS TARIF BUS DAMRI TRAYEK BLOK M – BANDARA SOEKARNO-HATTA JAKARTA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
COVER SKRIPSI.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (777kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I-Pendahuluan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (77kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II-studi literatur.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III-Metode Penelitian.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV - analisis.pdf
Restricted to Registered users only

Download (754kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V-Penutup.pdf
Restricted to Registered users only

Download (58kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (441kB)

Abstract

Dengan adanya angkutan Bus DAMRI di wilayah Bandara sehingga penduduk kota Jakarta terutama yang berpenghasilan menengah ke bawah dapat menikmati jasa angkutan umum dengan tarif yang murah, cepat, aman dan nyaman dari/ke Bandara Soekarno-Hatta. Dengan latar belakang tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai tarif sebenarnya yang harus ditanggung setiap penumpang per km. Dalam hal ini wilayah studinya adalah Bus DAMRI trayek Blok M Bandara Soekarno Hatta. Metode penelitian yang digunakan adalah metoda survei on bus 2 arah, waktu survei dilakukan pada saat peak hour dengan 3 periode yaitu pagi, siang dan sore. Selanjutnya untuk analisis menggunakan metode BOK (Biaya Operasional Kendaraan) dengan data BOK didapat dari Perum DAMRI dan dilakukan analisis. Hasil penelitian ini bahwa nilai BOK total untuk satu unit bus per tahun sebesar Rp. 659.579.456,- untuk jumlah operasi 4 rit sedangkan jika beroperasi 6 rit Rp. 771.118.156,- sedangkan dengan produksi/tahun/bus sebesar 1.484.406 Pnp-Km untuk operasi 4 rit sedangkan jika operasi 6 rit produksi/tahun/bus sebesar 2.226.609 Pnp-Km didapat nilai tarif lebih kecil dari tarif yang berlaku saat ini sebesar Rp. 20.000,- dan dari hasil analisis perhitungan didapat nilai tarif sebesar Rp. 16.872, per penumpang artinya operator memperoleh keuntungan. Sedangkan load factor (LF) yang didapat dari hasil survey sebesar 59,48% dengan BEP (Break Event Point) tercapai pada jangka waktu 4 tahun. Sedangkan dalam faktor pelayanan untuk keberangkatan bus DAMRI dari bandara dipengaruhi oleh waktu tunggu bus dan kondisi lalu lintas jalan dan hal tersebut yang dapat mempengaruhi terhadap kenyamanan penumpang. Dengan mempertimbangkan hasil tersebut maka (1) Dengan Tarif yang diberlakukan pada saat ini operator telah memperoleh keuntungan sehingga seharusnya operator meningkatkan kualitas dari pelayanan dengan memperhatikan kenyamanan penumpang dengan memperkecil headway (H) dan waktu tunggu penumpang. (2) Untuk meningkatkan profit bagi operator yaitu dengan cara melakukan efisiensi pengeluaran biaya variabel dan pemilihan armada bus dengan kapasitas yang lebih kecil pada saat off peak. (3) Perlu dilakukan perubahan metoda pelayanan untuk meningkatkan kinerja agar sesuai harapan penumpang. Diharapkan hasil penelitian dapat digunakan sebagai tolak ukur kinerja Perum DAMRI dalam menyelenggarakan pelayanan bagi penumpang Bus DAMRI di Bandara Soekarno-Hatta. Kata Kunci: DAMRI, Demand, Biaya Operasional Kendaraan (BOK), Tarif, kualitas pelayanan.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FTPD/SIP. 10 017
Call Number: STSP/11/10/030
NIM/NIDN Creators: 41106110002
Uncontrolled Keywords: ANALISIS TARIF
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 11 May 2010 11:19
Last Modified: 18 Oct 2025 02:45
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/24408

Actions (login required)

View Item View Item