STUDI BANDING PENGGUNAAN EXHAUST MANIFOLD STANDAR DAN EXHAUST MANIFOLD RACING (Header tipe 4-1 dan 4-2-1) TERHADAP UNJUK KERJA MESIN BENSIN

MARKOPOLO, MARKOPOLO (2010) STUDI BANDING PENGGUNAAN EXHAUST MANIFOLD STANDAR DAN EXHAUST MANIFOLD RACING (Header tipe 4-1 dan 4-2-1) TERHADAP UNJUK KERJA MESIN BENSIN. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
cover.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf

Download (10kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB)
[img] Text (BAB II)
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB)
[img] Text (BAB IV)
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB)
[img] Text (BAB V)
bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10kB)

Abstract

Ada beberapa mekanik otomobil yang mengganti exhaust manifold standar dengan exhaust manifold racing atau header. Baik yang bertipe 4-1 maupun 4-2-1 pada motor bakar bensin agar torsi dan daya yang dihasilkan meningkat. Namun selama ini tidak diketahui seberapa besar perbedaan yang dihasilkan dari hasil modifikasi ini terhadap performansi motor bakar bensin tersebut. Oleh karena itu dilakukan studi leteratur mengenai saluran buang dan dilakukan penelitian tentang dampak penggantian exhaust manifold. Pengujian dilakukan dengan menggunakan mesin bensin Toyota 4-Langkah. Percobaan dilakukan di laboratorium motor bakar (Puslit Telimek Lipi) dengan menggunakan exhaust manifold standar dan exhaust manifold racing atau header yang diuji pada penurunan putaran mesin setiap 200 rpm (1800 – 3000). Dari hasil penelitian menunjukan bahwah pada header 4-2-1 torsi meningkat 5.3%, daya naik 5.2%, kadar CO naik 13.3%, kadar HC turun 24.3%, dan konsumsi bahan bakar spesifik naik 9.2%. sedangkan untuk header 4-1 torsi meningkat 5.4%, daya naik 5.2%, kadar CO turun 1.006%, kadar HC turun 28.15%, dan konsumsi bahan bakar spesifik naik 0.7%. Kata kunci : Exhaust Manifold, Motor Bakar Bensin.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FT/MSN.10 067
Call Number: STI/13/10/029
NIM/NIDN Creators: 4130401-030
Uncontrolled Keywords: EXHAUST, MESIN
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 15 Jul 2010 14:27
Last Modified: 19 May 2025 03:11
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/24324

Actions (login required)

View Item View Item