PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN DALAM UPAYA PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN UNTUK MENGHADAPI PERSAINGAN PASAR (STUDI KASUS PADA PT. ABC UNTUK PRODUK KIOSK)

RUWANTO, TRI (2010) PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN DALAM UPAYA PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN UNTUK MENGHADAPI PERSAINGAN PASAR (STUDI KASUS PADA PT. ABC UNTUK PRODUK KIOSK). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
COVER.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (136kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB)
[img] Text (BAB II)
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB)
[img] Text (BAB III)
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB)
[img] Text (BAB IV)
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB)
[img] Text (BAB V)
bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB)
[img] Text (BAB VI)
bab 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB)

Abstract

Setiap perusahaan dalam perkembangannya akan selalu dihadapkan pada lingkungan yang senantiasa berubah. Perubahan lingkungan memaksa perusahaan untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan tersebut, kemampuan perusahaan dalam menanggapi perubahan lingkungan sangat menentukan kelangsungan hidup perusahaan dengan memanfaatkan sumber daya yang dimilikinya untuk menghadapi persaingan agar dapat mendorong perkembangan suatu industri. Begitu juga dengan PT. ABC, salah satu dari perusahaan kiosk yang ada di Jakarta. Maka perumusan masalah dalam penelitian adalah bagaimana menentukan strategi pemasaran yang paling tepat dalam upaya meningkatkan volume penjualan. Tujuannya adalah mengetahi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman . Dalam pembuatan skripsi ini, alat alat yang di gunakan untuk merumuskan strategi tersebut adalah analisis dengan menggunakan matrik BCG, matrik Daya Tarik Industri dan analisis SWOT. Salah satu cara menghadapi persaingan dalam dunia industri adalah dengan merumuskan strategi bersaing meliputi: misi dan tujuan, analisis industri seperti penentuan karakteristik ekonomi utama, kekuatan persaingan, posisi persaingan, strategi yang digunakan dan analisis profil perusahaan yang meliputi analisis kondisi pemasaran, keuangan, sumber daya manusia, produksi serta pemilihan strategi. Kesimpulan yang didapat berdasarkan analisis SWOT adalah, Meningkatkan mutu/kualitas sumber daya manusia dengan pelatihan, Memanfaatkan hubungan baik dengan pelanggan, pemasok, dan perantara, Mempertahankan pelanggan, dan meningkatkan kualitas produk. Berdasarkan analisa BCG Matriks tingkat pertumbuhan pasar sebesar 15,82 % pertahun, sedangkan bila dilihat dari pangsa pasar relatifnya adalah sebesar 1,075 x sehingga dapat dikatakan posisi perusahaan PT. ABC berada pada posisi Star, maka pilihan strategi yang diambil adalah mempertahankan kondisi yang sudah ada sambil mencari pelanggan potensial baru, keuntungan yang diperoleh digunakan reinvestasi dalam bentuk potongan harga, penyempurnaan. Sedangkan berdasarkan Matrik Daya Tarik Industri dapat diketahui bahwa posisi bisnis PT. ABC berada pada sel V atau sel selektif, yaitu memiliki peluang bisnis yang cukup walaupun tidak terlalu istimewa tetapi memungkinkan untuk dikembangkan lebih lanjut. alternatif strategi pertumbuhan karena strategi ini mengarahkan perusahaan untuk lebih besar dan berkembang. Kata kunci : Analisis SWOT, BCG Matrik, Daya Tarik Industri

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FT/IND. 10 006
Call Number: STI/16/10/048
NIM/NIDN Creators: 41608110066
Uncontrolled Keywords: STRATEGI, PENJUALAN
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 15 Jul 2010 15:30
Last Modified: 19 May 2025 01:57
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/24312

Actions (login required)

View Item View Item