PERSEPSI NASABAH EKS LIPPOBANK PASCA MERGER MENJADI CIMB NIAGA PADA PELAYANAN NASABAH

CHRISTINA, MELISA MINAR (2010) PERSEPSI NASABAH EKS LIPPOBANK PASCA MERGER MENJADI CIMB NIAGA PADA PELAYANAN NASABAH. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover Skripsi revisi sidang 220610-melisa.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (63kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB 1 Pendahuluan revisi sidang 220610-melisa.pdf
Restricted to Registered users only

Download (45kB)
[img] Text (BAB II)
BAB 2 Tinjauan Pusata revisi sidang 220610-melisa.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB)
[img] Text (BAB III)
BAB 3 Metodologi Penelitian revisi sidang 220610-corah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB 4 Hasil Penelitian revisi sidang 220610-melisa.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB)
[img] Text (BAB V)
BAB 5 Kesimpulan dan Saran revisi sidang 220610-melisa.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14kB)
[img] Text (DAFTR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (34kB)

Abstract

Merger suatu perusahaan mengakibatkan berbagai perubahan yang dapat dirasakan oleh stake holders-nya. Hal ini mempengaruhi persepsi nasabah existing yang sudah memiliki pengalaman masa lalu terutama dari kepuasan dalam menerima kualitas pelayanan yang ada. Melalui kegiatan customer relations untuk menjaga hubungan baik dengan nasabah, PR harus peka membaca apa yang dipersepsikan nasabah mengenai pelayanan nasabah, karena dari persepsi akan terbentuk opini publik yang akan berefek pada perusahaan. Persepsi adalah respon individu dalam memaknai objek stimuli dimana individu dalam mempersepsikan memiliki kebebasan. Penelitian ini adalah penelitian yang bertujuan untuk mencari tahu sejauhmana persepsi nasabah eks Lippobank pasca merger menjadi CIMB Niaga pada pelayanan nasabah. Pengukuran persepsi dengan melakukan pendekatan pada dimensi kualitas pelayanan memiliki 5 dimensi : reliability, responsiveness, assurance, emphaty dan tangible. Tipe penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian survei yang bertujuan untuk menggambar dan menjelaskan respon khalayak atas stimulus tertentu dengan menggunakan kuesioner. Pengambilan sampel sebanyak 30 responden, menggunakan model purposive sampling, yaitu pemilihan sampel berdasarkan pada karakteristik tertentu yang dianggap mempunyai sangkut paut dengan karakteristik populasi. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa persepsi nasabah eks Lippobank pasca merger menjadi CIMB Niaga pada pelayanan nasabah mayoritas menunjukkan persepsi positif. Tertinggi pada dimensi reliability dengan skor 106 (88%) pada karakteristik teller CIMB Niaga akurat dalam mempostingkan jumlah nominal dana yang ditabung/ditransferkan/ditarik nasabah dan terendah pada dimensi responsiveness dengan skor 58 (48%) pada karakteristik lamanya durasi antrian di Customer Service. Peneliti menyarankan untuk menambah alat penunjang khusus di Customer Service seperti penambahan alat printer buku tabungan dan mesin foto copy dengan tujuan mempercepat durasi Customer Service melayani nasabah.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 10 068
Call Number: SK/42/10/070
NIM/NIDN Creators: 44207120035
Uncontrolled Keywords: PERSEPSI NASABAH
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 21 Jul 2010 12:02
Last Modified: 20 May 2025 07:39
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/24298

Actions (login required)

View Item View Item