IMPLEMENTASI STRATEGI KREATIF IKLAN TELEVISI SERIALS SIMPATI PEDE VERSI SIMPATI STORIES

SETHIORINI, ASEANI (2010) IMPLEMENTASI STRATEGI KREATIF IKLAN TELEVISI SERIALS SIMPATI PEDE VERSI SIMPATI STORIES. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (11kB) | Preview
[img] Text (BAB 1)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (18kB)
[img] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB III .pdf
Restricted to Registered users only

Download (19kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (17kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB V..pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10kB)

Abstract

Banyaknya produk-produk provider seluler yang menampilkan iklan “perang tarif” menjadikan provider seluler menjadi satu dalam pasar yang sama sehingga karakteristik suatu provider tidak terlihat dan “perang tarif” yang disajikan dalam tayangan iklan provider seluler semakin kian tajam dalam menjatuhkan satu sama lain. Tetapi Simpati Pede mampu menampilkan tayangan iklan yang berbeda dari pesaing provider lainnya. Berdasarkan latar belakang tersebut dapat dirumuskan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah strategi kreatif iklan televisi serials simpati pede versi simpati stories. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pola Sandra E. Moriarty mengenai creative work plan dan sisi penceritaan iklan dimana iklan yang disajikan adalah iklan dengan teknik serials atau rangkaian cerita bersambung dan membahas mengenai strategi kreatif iklan yang mencangkup pendekatan kreatif, daya tarik pesan iklan dan teknik eksekusi iklan. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif dimana penelitian deskriptif hanya memaparkan situasi atau peristiwa. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan teknik analisis data perjodohan pola sederhana. Dengan pola-pola yang lebih sederhana akan membuka peluang perbandingan bagi perbedaan antara pemikiran berdasarkan teori dengan hasil penelitian. Narasumber dalam penelitian ini adalah art director, copywriter dan account director JWT Advertising selaku agency yang membuat iklan tersebut. Dari hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa adanya perbedaan antara pola teori creative work plan (CWP) Sandra E.Moriarty dengan creative brief JWT Advertising, yaitu poin positioning dalam CWP dan client mandatories dalam creative brief. Penulis menyimpulkan bahwa strategi kreatif yang baik adalah dimana kita harus mengenal tentang produk yang akan diiklankan, dari segi permasalahan, tujuan yang ingin dicapai, kondisi pasar, competitor dan target audience. Tema cerita cinta yang diambil dan teknik serials yang digunakan karena sesuai dengan target audience dari simpati dan belum digunakan pesaing provider lain.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/MCA. 10 046
Call Number: SK/43/10/041
NIM/NIDN Creators: 44305010013
Uncontrolled Keywords: IKLAN
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 22 Jul 2010 11:43
Last Modified: 23 May 2025 03:36
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/24292

Actions (login required)

View Item View Item