HADIH, TRI (2010) PERENCANAAN KREATIF IKLAN SUPLEMEN HARIAN UMUM MEDIA INDONESIA DI TELEVISI PERIODE 2007 – 2008. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (COVER)
COVER.pdf Download (207kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (16kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (16kB) |
|
![]() |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (41kB) |
|
![]() |
Text (BAB 3)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (19kB) |
|
![]() |
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (81kB) |
|
![]() |
Text (BAB 5)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (12kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (9kB) |
Abstract
Pada zaman sekarang ini persaingan dunia usaha semakin ketat dikarenakan semakin banyaknya produk-produk barang dan jasa yang ditawarkan kepasaran, oleh karena itu banyak perusahaan yang berlomba-lomba untuk memasarkan barang-barang atau jasa. Untuk memasarkan produknya, maka perusahaan membutuhkan promosi. Dengan promosi maka akan menarik minat konsumen untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan, salah satu bentuk promosi yang sering digunakan adalah bentuk promosi periklanan ditelevisi. Televisi merupakan media periklanan yang sangat tepat digunakan saat ini untuk mempromosikan berbagai produk atau jasa kepada sasaran-sasaran konsumen yang ingin dicapai. Periklanan merupakan bentuk komunikasi yang dibayar yang berisikan tentang informasi baik produk maupun jasa. Perencanaan kreatif merupakan bagian dari proses periklanan yang terbagi dalam beberapa tahapan seperti, informasi tentang produk, proses kreatif hingga eksekusi. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis adalah metode penelitian studi kasus, karena pada umumnya penelitian studi kasus menggunakan pokok pertanyaan “bagaimana” dan “mengapa” yaitu saat peneliti memiliki sedikit peluang mengontrol peristiwa-peristiwa yang akan diselidiki, bilamana fokus penelitian terletak pada fenomena masa kini. Metode penelitian ini didesain menjadi kasus tunggal karena yang diteliti hanya satu yakni perencanaan kreatifnya saja. Berdasarkan sifat penelitian yang deskriptif, dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian yang didapatkan dari penelitian ini adalah sudah sesuai dengan pendapat Christoper Gilson dan Harold W. Berkman dalam bukunya Advertising Concept and Strategies. Menurutnya proses kreatif dalam pembuatan iklan terdiri dari tahapan pengenalan produk itu sendiri, proses perjalanan dalam menentukan strategi kreatifnya hingga tahapan eksekusi yang akan dibuat. Pada perencanaan dari stretegi kreatif iklan Media Indonesia ini, pendekatan kreatif yang di gunakan adalah pendekatan positioning, dengan daya tarik pesannya menggunakan daya tarik emosional dengan pendekatan soft sell sedangkan untuk eksekusi kreatif iklannya pendekatan yang digunakan adalah Testimonial
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FK/MCA. 10 039 |
Call Number: | SK/43/10/042 |
NIM/NIDN Creators: | 04303-053 |
Uncontrolled Keywords: | IKLAN |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 22 Jul 2010 11:44 |
Last Modified: | 23 May 2025 04:00 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/24291 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |