PERENCANAAN KREATIF IKLAN SUPLEMEN HARIAN UMUM MEDIA INDONESIA DI TELEVISI PERIODE 2007 – 2008

HADIH, TRI (2010) PERENCANAAN KREATIF IKLAN SUPLEMEN HARIAN UMUM MEDIA INDONESIA DI TELEVISI PERIODE 2007 – 2008. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (16kB) | Preview
[img] Text (BAB 1)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16kB)
[img] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (41kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (19kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (81kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9kB)

Abstract

Pada zaman sekarang ini persaingan dunia usaha semakin ketat dikarenakan semakin banyaknya produk-produk barang dan jasa yang ditawarkan kepasaran, oleh karena itu banyak perusahaan yang berlomba-lomba untuk memasarkan barang-barang atau jasa. Untuk memasarkan produknya, maka perusahaan membutuhkan promosi. Dengan promosi maka akan menarik minat konsumen untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan, salah satu bentuk promosi yang sering digunakan adalah bentuk promosi periklanan ditelevisi. Televisi merupakan media periklanan yang sangat tepat digunakan saat ini untuk mempromosikan berbagai produk atau jasa kepada sasaran-sasaran konsumen yang ingin dicapai. Periklanan merupakan bentuk komunikasi yang dibayar yang berisikan tentang informasi baik produk maupun jasa. Perencanaan kreatif merupakan bagian dari proses periklanan yang terbagi dalam beberapa tahapan seperti, informasi tentang produk, proses kreatif hingga eksekusi. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis adalah metode penelitian studi kasus, karena pada umumnya penelitian studi kasus menggunakan pokok pertanyaan “bagaimana” dan “mengapa” yaitu saat peneliti memiliki sedikit peluang mengontrol peristiwa-peristiwa yang akan diselidiki, bilamana fokus penelitian terletak pada fenomena masa kini. Metode penelitian ini didesain menjadi kasus tunggal karena yang diteliti hanya satu yakni perencanaan kreatifnya saja. Berdasarkan sifat penelitian yang deskriptif, dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian yang didapatkan dari penelitian ini adalah sudah sesuai dengan pendapat Christoper Gilson dan Harold W. Berkman dalam bukunya Advertising Concept and Strategies. Menurutnya proses kreatif dalam pembuatan iklan terdiri dari tahapan pengenalan produk itu sendiri, proses perjalanan dalam menentukan strategi kreatifnya hingga tahapan eksekusi yang akan dibuat. Pada perencanaan dari stretegi kreatif iklan Media Indonesia ini, pendekatan kreatif yang di gunakan adalah pendekatan positioning, dengan daya tarik pesannya menggunakan daya tarik emosional dengan pendekatan soft sell sedangkan untuk eksekusi kreatif iklannya pendekatan yang digunakan adalah Testimonial

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/MCA. 10 039
Call Number: SK/43/10/042
NIM/NIDN Creators: 04303-053
Uncontrolled Keywords: IKLAN
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 22 Jul 2010 11:44
Last Modified: 23 May 2025 04:00
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/24291

Actions (login required)

View Item View Item