BLACK HEDONISME (Studi Hipersemiotika Terhadap Hasil Liputan Event Djarum Black Autoblackthrough 2009 Regional Bandung di Media Internet)

KURNIAWAN, ARDHI (2010) BLACK HEDONISME (Studi Hipersemiotika Terhadap Hasil Liputan Event Djarum Black Autoblackthrough 2009 Regional Bandung di Media Internet). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (70kB) | Preview
[img] Text (Bab 1)
Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB)
[img] Text (Bab 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB)
[img] Text (Bab 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)
[img] Text (Bab 4)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB)
[img] Text (Bab 5)
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB)
[img] Text (Daftar Pustaka dan Lampiran)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB)

Abstract

Dalam era masyarakat post-industri sekarang ini, berbagai bentuk penggunaan media massa kerap digunakan sebagai sarana untuk berpromosi (beriklan). Internet dengan kelebihannya yang dapat mengakses data dengan cepat dan dapat diakses ke berbagai pelosok wilayah, digunakan oleh PT. Djarum untuk mempromosikan acara kontes modifikasi mobil yang diberi nama Autoblackthrough saat dilaksanakan di kota Bandung pada tahun 2009. Akan tetapi ketika peristiwa yang ada di dalam event tersebut dimampatkan menjadi sebuah teks yang ada di dalam internet, banyak makna yang berubah dikarenakan adanya unsur permainan penanda yang terlalu bebas. Dengan menggunakan metode hipersemiotika untuk mengungkap tanda-tanda yang berlebihan (over signs), dilanjutkan dengan teori Jean Baudrillard tentang simulasi-simulakra, penulis menyimpulkan adanya situasi politik hasrat di tubuh perempuan yang dijadikan komoditi, yang bersifat ilusi dalam mengkonsumsi informasi dalam hasil liputan event Autoblackthrough 2009 regional Bandung. Selain itu juga, penulis menemukan adanya kecendrungan pemujaan komoditi (fetishism commodity) pada mainan mobil remote kontrol yang sebenarnya semuanya itu adalah sebuah simulasi semata. Hal ini akhirnya memberikan gambaran tentang seberapa jauh tanda-tanda yang bekerja dalam lingkup ranah hipersemiotika.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/MCA. 10 016
Call Number: SK/43/10/047
NIM/NIDN Creators: 04303-094
Uncontrolled Keywords: HASIL LIPUTAN
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 01 Sep 2010 14:23
Last Modified: 23 May 2025 06:38
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/24221

Actions (login required)

View Item View Item