KAMPANYE PERTAMINA CLEAN MELALUI WHISTLE BLOWING SYSTEM (WBS) UNTUK KALANGAN INTERNAL

PURBA, ROTUA (2010) KAMPANYE PERTAMINA CLEAN MELALUI WHISTLE BLOWING SYSTEM (WBS) UNTUK KALANGAN INTERNAL. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
COVER.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (134kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB)
[img] Text (BAB II)
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)
[img] Text (BAB III)
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB)
[img] Text (BAB IV)
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (529kB)
[img] Text (BAB V)
bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB)

Abstract

PT Pertamina (Persero) merupakan perusahaan powerhouse di Indonesia. Untuk mengenal Pertamina dewasa ini, diperlukan pemahaman dalam konteks yang lebih mendalam. Melalui program-program transformasi yang dilaksanakan fungsi Compliance dan fungsi Hupmas bekerjasama membuat program Pertamina Clean melalui sebuah kampanye. Kampanye adalah kegiatan komunikasi yang dilakukan secara terlembaga dan terorganisir, dimana penyelenggara kampanye umumnya bukanlah personal melainkan lembaga atau organisasi. Kampanye yang dilakukan di PT Pertamina bersifat Ideological or Cause – Oriented Campaigns, jenis kampanye ini berorientasi yang bertujuan bersifat khusus dan berdimensi perubahan social (social changes). Menurut Anne Gregory (1996:52-53) terdapat sepuluh proses tahapan kampanye Public, yaitu Analysis, Objectives, Public, Messages, Strategy, Tactics, Timescales, Resources, Evaluations dan Review. Dalam penelitian ini yang digunakan adalah tipe penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif evaluative. Tipe ini hanya terbatas pada bahasan untuk menggambarkan suatu masalah, keadaan, atau peristiwa secara obyektif, sistematis dan cermat. Metode yang digunakan pada penulisan ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif, sedangkan teknik pengambilan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian penulis menunjukkan bahwa program kampanye dilakukan secara bertahap; dari tahun 2007 - Pembangunan System, tahun 2008 – Whistle Blowing, tahun 2009 – Kampanye/Sosialisasi, yang menjadi khalayak sasaran adalah seluruh karyawan PT Pertamina. Dari pembahasan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan kampanye lebih menggunakan teknik Partisipasi; tehnik yang mengikutsertakan atau peran serta komunikasi atau audiensi yang memancing minat atau perhatian yang sama kedalam suatu kegiatan kampanye dengan tuj

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 10 085
Call Number: SK/42/10/085
NIM/NIDN Creators: 44207120038
Uncontrolled Keywords: KAMPANYE
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 01 Sep 2010 14:33
Last Modified: 20 May 2025 06:32
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/24217

Actions (login required)

View Item View Item