PURBA, ROTUA (2010) KAMPANYE PERTAMINA CLEAN MELALUI WHISTLE BLOWING SYSTEM (WBS) UNTUK KALANGAN INTERNAL. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
COVER.pdf Download (165kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (134kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB I)
Bab I.pdf Restricted to Registered users only Download (176kB) |
|
![]() |
Text (BAB II)
bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (206kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (167kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (529kB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (125kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (117kB) |
Abstract
PT Pertamina (Persero) merupakan perusahaan powerhouse di Indonesia. Untuk mengenal Pertamina dewasa ini, diperlukan pemahaman dalam konteks yang lebih mendalam. Melalui program-program transformasi yang dilaksanakan fungsi Compliance dan fungsi Hupmas bekerjasama membuat program Pertamina Clean melalui sebuah kampanye. Kampanye adalah kegiatan komunikasi yang dilakukan secara terlembaga dan terorganisir, dimana penyelenggara kampanye umumnya bukanlah personal melainkan lembaga atau organisasi. Kampanye yang dilakukan di PT Pertamina bersifat Ideological or Cause – Oriented Campaigns, jenis kampanye ini berorientasi yang bertujuan bersifat khusus dan berdimensi perubahan social (social changes). Menurut Anne Gregory (1996:52-53) terdapat sepuluh proses tahapan kampanye Public, yaitu Analysis, Objectives, Public, Messages, Strategy, Tactics, Timescales, Resources, Evaluations dan Review. Dalam penelitian ini yang digunakan adalah tipe penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif evaluative. Tipe ini hanya terbatas pada bahasan untuk menggambarkan suatu masalah, keadaan, atau peristiwa secara obyektif, sistematis dan cermat. Metode yang digunakan pada penulisan ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif, sedangkan teknik pengambilan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian penulis menunjukkan bahwa program kampanye dilakukan secara bertahap; dari tahun 2007 - Pembangunan System, tahun 2008 – Whistle Blowing, tahun 2009 – Kampanye/Sosialisasi, yang menjadi khalayak sasaran adalah seluruh karyawan PT Pertamina. Dari pembahasan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan kampanye lebih menggunakan teknik Partisipasi; tehnik yang mengikutsertakan atau peran serta komunikasi atau audiensi yang memancing minat atau perhatian yang sama kedalam suatu kegiatan kampanye dengan tuj
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FK/PR. 10 085 |
Call Number: | SK/42/10/085 |
NIM/NIDN Creators: | 44207120038 |
Uncontrolled Keywords: | KAMPANYE |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 01 Sep 2010 14:33 |
Last Modified: | 20 May 2025 06:32 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/24217 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |