STRATEGI YAYASAN AIDS INDONESIA DALAM MEMBUAT KAMPANYE HIV&AIDS MELALUI PROGRAM TALKTAINMENT ROAD TO SCHOOL

MARDIANAH, NURUL (2010) STRATEGI YAYASAN AIDS INDONESIA DALAM MEMBUAT KAMPANYE HIV&AIDS MELALUI PROGRAM TALKTAINMENT ROAD TO SCHOOL. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
COVER.pdf

Download (191kB) | Preview
[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (77kB)
[img] Text (BAB I)
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB)
[img] Text (BAB II)
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB)
[img] Text (BAB III)
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB)
[img] Text (BAB IV)
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB)
[img] Text (BAB V)
bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (80kB)

Abstract

Strategi pada hakekatnya adalah perencanaan (planning) dan manajemen (management) untuk mencapai suatu tujuan organisasi. Karena dengan strategi kita dapat mengetahui rencana dan tujuan kampanye HIV&AIDS melalui program talktainment road to school yaitu menggalang swadaya masyarakat dalam menanggulangi masalah AIDS melalui penyelenggaraan kegiatan peningkatan kesadaran, pengetahuan dan kepedulian masyarakat terhadap bahaya AIDS. Sehingga kampanye tersebut sesuai dengan visi dan misi Yayasan AIDS Indonesia. Yayasan AIDS Indonesia (YAI) merupakan sebuah organisasi nirlaba (non profit) yang didalamnya melakukan kegiatankegiatan sosial dalam upaya menanggulangi HIV&AIDS di Indonesia. Rumusan masalah ini adalah bagaimana strategi Yayasan Aids Indonesia dalam membuat kampanye HIV&AIDS melalui program talktainment road to school. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi yang dilakukan Yayasan AIDS Indonesia dalam kampanye pencegahan penyakit HIV&AIDS melalui program talktainment road to school terhadap siswa smu. Tinjauan pustaka dari penelitian ini terdiri dari komunikasi, fungsi dan tujuan komunikasi, unsur-unsur komunikasi, komunikasi kelompok, Public Relations, Fungsi Public Relations, peranan Public Relations, proses transfer Public Relations, strategi, kampanye, tujuan kampanye, jenis-jenis kampanye, metode kampanye, teknik berkampanye, perencanaan kampanye, talktainment, HIV&AIDS. Tipe penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan adalah studi kasus dengan wawancara mendalam sebagai teknik pengumpulan data primer. Teknik pengumpulan data sekunder melalui studi kepustakaan. Sedangkan definisi konsep peneliti mengacu pada strategi kampanye HIV&AIDS dan talktainment. Peneliti menggunakan metode triangulasi untuk teknik pemeriksaan keabsahan data. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa strategi Yayasan AIDS Indonesia dalam membuat kampanye HIV&AIDS melalui program talktainment road to school telah menerapkan sepuluh tahap-tahap perencanaan kampanye Public Relations dari teori Anne Gregory yaitu Analisis, Tujuan, Segmentasi sasaran (khalayak), Pesan, Strategi, Taktik, Skala waktu, Sumber daya, Evaluasi, dan Review. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah strategi yang dilakukan Yayasan AIDS Indonesia sudah sesuai dengan tujuan kampanye HIV&AIDS melalui program talktainment road to school. Dimana Yayasan AIDS Indonesia sudah melakukan sesuai dengan tahapan – tahapan perencanaan kampanye public relations. Hal itu dapat dilihat dari kegiatan kampanye HIV&AIDS melalui program talktainment road to school yang sudah berjalan dengan baik selama 3 tahun dan mendapat respon yang positif dari masyarakat. Saran peneliti adalah Membuat kegiatan kampanye HIV&AIDS melalui program talktainment road to school lebih menarik dengan memutar film bagaimana cara penularan HIV&AIDS, sehingga para siswa siswi akan lebih paham mengenai bahaya penyakit HIV&AIDS, dan Yayasan AIDS Indonesia harus melakukan evaluasi kampanye HIV&AIDS melalui program talktainment road to school dengan cara menanyakan kembali mengenai bahaya HIV&AIDS kepada siswa siswi sehingga akan diketahui sejauh mana pemahaman mereka mengenai HIV&AIDS setelah mengikuti kegiatan kampanye HIV&AIDS melalui program talktainment road to school

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 10 062
Call Number: SK/42/10/089
NIM/NIDN Creators: 44205010073
Uncontrolled Keywords: KAMPANYE
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 01 Sep 2010 14:42
Last Modified: 20 May 2025 08:05
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/24213

Actions (login required)

View Item View Item