PROSES KREATIF TERHADAP TERJADINYA SIMULACRA DALAM REALITY SHOW MATA-MATA RCTI DAN REALITY SHOW BACKSTREET SCTV

AFRIYANTI, ARISTA (2010) PROSES KREATIF TERHADAP TERJADINYA SIMULACRA DALAM REALITY SHOW MATA-MATA RCTI DAN REALITY SHOW BACKSTREET SCTV. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER..pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAKSI.pdf

Download (26kB) | Preview
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (62kB)
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (73kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5(1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (15kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (23kB)

Abstract

Perkembangan media televisi pada saat ini telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan manusia, televisi yang digunakan untuk menghibur, memberikan informasi serta menyajikan cerita, peristiwa, musik, drama, komedi dan sajian teknis lainnya kepada masyarakat membuat Pengelola stasiun televisi dituntut untuk memiliki kreativitas seluas mungkin untuk menghasilkan berbagai program yang menarik. Karenanya, banyak tayangannya yang diproduksi secara kerjasama antara stasiun televisi dan rumah produksi. Dari dunia pertelevisian apabila kita cermati dengan seksama maka akan menemui suatu kenyataan bahwa media televisi akhir-akhir ini diramaikan dengan aktivitas yang menampilkan realitas yang menghibur dari suatu “kejadian nyata” atau yang lebih dikenal dengan reality show. Reality show Mata-Mata yang tayang di RCTI dan reality show Backstreet SCTV merupakan program salah satu Reality show yang tengah marak akhir-akhir ini di stasiun televisi nasional Indonesia. Teori yang digunakan umumnya mengenai komunikasi massa, khususnya tentang reality show, penelitian ini juga meminjam istilah simulacra yang dipopulerkan oleh Jean Baudrillard. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana terjadinya Simulacra dalam reality show Mata-Mata RCTI dan reality show Backstreet SCTI. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif, metode yang digunakan adalah studi kasus. Dengan fokus penelitian pada skenario dan penyutradaraan. Penilaian yang di dapatkan berdasarkan hasil penelitian secara keseluruhan adalah bahwa rumah produksi memang mengkonstruksi cerita dalam alur reality show sesuai kebutuhan pasar dan menjual konflik sebagai basic ide-nya.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD. 10 026
Call Number: SK/41/10/145
NIM/NIDN Creators: 04103-088
Uncontrolled Keywords: REALITY SHOW
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 02 Nov 2010 10:47
Last Modified: 21 May 2025 07:48
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/24123

Actions (login required)

View Item View Item