ASRININGTYAS, SASTI (2010) EFEKTIVITAS E-POSTER DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN KARYAWAN EXXONMOBIL OIL INDONESIA INC. TENTANG EMPLOYEE VOLUNTEER PROGRAM. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
COVER.pdf Download (481kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (106kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB I)
BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (419kB) |
|
![]() |
Text (BAB II)
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (452kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (134kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (86kB) |
Abstract
Media internal sangat diperlukan oleh perusahaan sebagai sumber informasi bagi karyawan tentang berbagai macam kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan. Karena hal tersebut, pemilihan media internal yang tepat untuk digunakan pada komunikasi organisasi sangat penting. Berdasarkan hasil pengamatan peneliti, pengetahuan yang minim yang dimiliki oleh karyawan ExxonMobil Oil Indonesia Inc. mengenai informasi tentang kegiatan community relation yang digemari, yaitu Employee Volunteer Program disebabkan oleh karena informasi disalurkan belum menggunakan media yang tepat. Untuk mengatasi hal tersebut, Public & Government Affairs Exxonmobil Oil Indonesia Inc. memilih menambah e-Poster sebagai media yang digunakan untuk menginformasikan kegiatan Employee Volunteer Program. Permasalahan pada penelitian ini adalah sejauh mana efektivitas e-Poster dalam meningkatkan pengetahuan karyawan ExxonMobil Oil Indonesia Inc. tentang Employee Volunteer Program. Untuk kerangka pemikiran, peneliti membahas tentang teori komunikasi organisasi, pengertian dan fungsi humas, fungsi, bentuk dan isi media internal serta mengenai konsep efektivitas komunikasi. Teori efektivitas komunikasi oleh Andre Hardjana yang melihat efektivitas dari segi penerima pesan, isi dan format pesan, ketepatan waktu penyampaian, media yang digunakan, serta sumber pesan digunakan sebagai acuan operasionalisasi konsep penelitian ini. Metode penelitian yang digunakan adalah survey dengan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif, dimana populasi adalah karyawan ExxonMobil Oil Indonesia Inc. di Jakarta yang berjumlah 290 dan dengan menggunakan proportional stratified random sampling ditentukan sampel sebanyak 77 responden. Hasil data yang diperoleh kemudian diolah menggunakan metode Likert Summating Rating (LSR). Hasil dari penelitian menunjukan bahwa e-Poster adalah media yang efektif. Mengacu pada hasil penelitian yang menunjukan bahwa isi keseluruhan e-Poster dapat meningkatkan pengetahuan, format yang digunakan baik, penyajian informasi menggunakan e-Poster tepat waktu, serta media tersebut adalah media yang mudah diakses oleh karyawan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FK/PR. 10 072 |
Call Number: | SK/42/10/124 |
NIM/NIDN Creators: | 44206120071 |
Uncontrolled Keywords: | Efektifitas |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 09 Dec 2010 11:49 |
Last Modified: | 20 May 2025 07:24 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/23938 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |