EFEKTIVITAS E-POSTER DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN KARYAWAN EXXONMOBIL OIL INDONESIA INC. TENTANG EMPLOYEE VOLUNTEER PROGRAM

ASRININGTYAS, SASTI (2010) EFEKTIVITAS E-POSTER DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN KARYAWAN EXXONMOBIL OIL INDONESIA INC. TENTANG EMPLOYEE VOLUNTEER PROGRAM. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
COVER.pdf

Download (481kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (106kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB)
[img] Text (BAB II)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (452kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB)

Abstract

Media internal sangat diperlukan oleh perusahaan sebagai sumber informasi bagi karyawan tentang berbagai macam kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan. Karena hal tersebut, pemilihan media internal yang tepat untuk digunakan pada komunikasi organisasi sangat penting. Berdasarkan hasil pengamatan peneliti, pengetahuan yang minim yang dimiliki oleh karyawan ExxonMobil Oil Indonesia Inc. mengenai informasi tentang kegiatan community relation yang digemari, yaitu Employee Volunteer Program disebabkan oleh karena informasi disalurkan belum menggunakan media yang tepat. Untuk mengatasi hal tersebut, Public & Government Affairs Exxonmobil Oil Indonesia Inc. memilih menambah e-Poster sebagai media yang digunakan untuk menginformasikan kegiatan Employee Volunteer Program. Permasalahan pada penelitian ini adalah sejauh mana efektivitas e-Poster dalam meningkatkan pengetahuan karyawan ExxonMobil Oil Indonesia Inc. tentang Employee Volunteer Program. Untuk kerangka pemikiran, peneliti membahas tentang teori komunikasi organisasi, pengertian dan fungsi humas, fungsi, bentuk dan isi media internal serta mengenai konsep efektivitas komunikasi. Teori efektivitas komunikasi oleh Andre Hardjana yang melihat efektivitas dari segi penerima pesan, isi dan format pesan, ketepatan waktu penyampaian, media yang digunakan, serta sumber pesan digunakan sebagai acuan operasionalisasi konsep penelitian ini. Metode penelitian yang digunakan adalah survey dengan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif, dimana populasi adalah karyawan ExxonMobil Oil Indonesia Inc. di Jakarta yang berjumlah 290 dan dengan menggunakan proportional stratified random sampling ditentukan sampel sebanyak 77 responden. Hasil data yang diperoleh kemudian diolah menggunakan metode Likert Summating Rating (LSR). Hasil dari penelitian menunjukan bahwa e-Poster adalah media yang efektif. Mengacu pada hasil penelitian yang menunjukan bahwa isi keseluruhan e-Poster dapat meningkatkan pengetahuan, format yang digunakan baik, penyajian informasi menggunakan e-Poster tepat waktu, serta media tersebut adalah media yang mudah diakses oleh karyawan.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 10 072
Call Number: SK/42/10/124
NIM/NIDN Creators: 44206120071
Uncontrolled Keywords: Efektifitas
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 09 Dec 2010 11:49
Last Modified: 20 May 2025 07:24
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/23938

Actions (login required)

View Item View Item