IDENTIFIKASI PELAKSANAAN KEHUMASAN BIRO HUMAS DAN CUSTOMER CARE UNIVERSITAS MERCU BUANA (KAJIAN BERDASARKAN GENERIC PRINCIPE JAMES GRUNIG)

MUTHIYA, FARAH (2010) IDENTIFIKASI PELAKSANAAN KEHUMASAN BIRO HUMAS DAN CUSTOMER CARE UNIVERSITAS MERCU BUANA (KAJIAN BERDASARKAN GENERIC PRINCIPE JAMES GRUNIG). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img] Text (HAL COVER)
COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB)
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (107kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB)
[img] Text (BAB II)
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB)
[img] Text (BAB III)
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB)
[img] Text (BAB IV)
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB)
[img] Text (BAB V)
bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustkaa.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB)

Abstract

Identifikasi merupakan suatu hal yang dilakukan oleh seseorang ataupun organisasi. Maksud dan tujuan dilaksanakannya identifikasi tersebut adalah untuk menelaah serta memberikan gambaran tentang suatu organisasi atau unit terkait lainnya. Disini peneliti mencoba mengidentifikasi Peran dan Fungsi Biro Humas disebuah perguruan tinggi. Universitas Mercu Buana salah satu perguruan tinggi swasta, Humas menjadi salah satu “corongnya” komunikasi yang menyebarluaskan informasi kepada khalayak maupun calon customernya yang dalam hal ini adalah mahasiswa. Hal tersebut menjadi suatu kesatuan yang termasuk kedalam Generic Principe atau sepuluh prinsip umum James E. Grunig. Dimana didalamnya terdapat sepuluh hal apa saja yang harus dilakukan oleh seorang Humas yang ingin dikatakan sebagai Humas yang ideal dan unggul. Oleh karena itu, sepuluh prinsip tersebut menjadi sangat penting dijalankan karena didalamnya membahas dari mulai komunikasi sampai keragaman budaya dalam sebuah organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang pelaksanaan kehumasan yang dilakukan oleh Biro Humas dan Customer care Universitas Mercu Buana. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Prinsip Umum tentang Humas yang ideal dan unggul dalam sebuah organisasi yang efektif. Tertera dalam buku karangan James E. Grunig, Excellent Public Relations and Effective Organizations. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan teknik studi kasus. Pengumpulan data dengan melakukan wawancara mendalam kepada koalisi dominan (top management) dan Pimpinan Humas secara structural di Universitas Mercu Buana. Data hasil wawancara dianalisis secara deskriptif melalui kata-kata dari hasil pengamatan. Berdasarkan hasil penelitian, Identifikasi pelaksanaan kehumasan Biro Humas dan Customer care Universitas Mercu Buana dipandang sudah baik oleh pimpinan dan semua pihak yang diwawancarai peneliti ketika melakukan aktifitas kehumasannya. Harapan yang dikemukakan oleh top management adalah agar Humas Universitas Mercu Buana terus meningkatkan peran dan fungsinya.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 10 098
Call Number: SK/42/10/128
NIM/NIDN Creators: 44206010030
Uncontrolled Keywords: Identifikasi,Humas,
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 09 Dec 2010 11:56
Last Modified: 20 May 2025 02:24
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/23934

Actions (login required)

View Item View Item