STRATEGI MEDIA LUAR RUANG PERUMAHAN PANORAMA SERPONG TAHUN 2010

ISYANATIN, MIYA (2010) STRATEGI MEDIA LUAR RUANG PERUMAHAN PANORAMA SERPONG TAHUN 2010. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (25kB) | Preview
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50kB)
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (39kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (37kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15kB)

Abstract

Pada dasarnya media luar ruang dapat menjangkau semua lapisan masyarakat dan khalayaknya tidak terbagi-bagi seperti media televisi dan majalah sehingga semua orang termasuk audien sasaran dapat dijangkau. Dan juga biaya media luar ruang relatif rendah karena jangka waktu pemasangan media luar ruang relatif lama. Oleh sebab itu diperlukan strategi media yang tepat untuk menjangkau efisiensi biaya dari pemilihan media yang tepat sasaran. Penelitian yang dilakukan penulis yaitu pada perumahan Panorama Serpong yang merupakan hunian di kawasan Pamulang yang menggunakan media luar ruang. Media luar ruang merupakan media periklanan yang penempatannya terletak di luar ruang, berfungsi untuk menggugah awareness, maka sebaiknya dibuat seunik mungkin namun pesan tetap harus mudah terbaca. Panorama Serpong memanfaatkan salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam penentuan lokasi media luar ruang yaitu persepsi orang terhadap lokasi dimana media yang tampil dengan ukuran besar maka pemasangnya adalah suatu perusahaan bonafid dan dapat dipercaya. Sehingga Panorama Serpong menggunakan salah satu media luar ruang mereka yaitu billboard dengan ukuran besar diantara perumahan di sekitarnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi media luar ruang perumahan Panorama Serpong dalam menarik minat konsumen. Tujuan yang kedua untuk mengetahui alasan pemilihan media luar ruang yang digunakan perumahan Panorama Serpong sebagai media beriklan. Teori yang digunakan untuk membahas mengenai strategi media diambil dari Terence A. Shimp tentang strategi media luar ruang yaitu memilih audien sasaran, menspesifikasi tujuan, memilih media dan sarana, dan pembelian media serta penjadwalan media. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara mendalam dengan narasumber yang telah ditentukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam melakukan kegiatan kampanye periklanan Panorama Serpong memperhitungkan secara matang menggunakan strategi media dalam penggunaan media luar ruang sebagai sarana untuk mengkomunikasikan pesan-pesan periklanan. Jenis media luar ruang yang digunakan untuk beriklan adalah billboard, spanduk, umbul-umbul, signboard, dan standing signage. Alasan dipilihnya media luar ruang diatas adalah untuk menjangkau audien sasaran yang lebih luas. Media luar ruang biasanya sebagai media sekunder, namun Panorama Serpong menjadikannya sebagai media primer.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/MCA. 10 043
Call Number: SK/43/10/078
NIM/NIDN Creators: 44306110002
Uncontrolled Keywords: Strategi, Media
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 12 Dec 2010 11:23
Last Modified: 23 May 2025 03:46
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/23919

Actions (login required)

View Item View Item