ISYANATIN, MIYA (2010) STRATEGI MEDIA LUAR RUANG PERUMAHAN PANORAMA SERPONG TAHUN 2010. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (COVER)
COVER.pdf Download (415kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (25kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (50kB) |
|
![]() |
Text (BAB 2)
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (165kB) |
|
![]() |
Text (BAB 3)
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (39kB) |
|
![]() |
Text (BAB 4)
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (190kB) |
|
![]() |
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (37kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (15kB) |
Abstract
Pada dasarnya media luar ruang dapat menjangkau semua lapisan masyarakat dan khalayaknya tidak terbagi-bagi seperti media televisi dan majalah sehingga semua orang termasuk audien sasaran dapat dijangkau. Dan juga biaya media luar ruang relatif rendah karena jangka waktu pemasangan media luar ruang relatif lama. Oleh sebab itu diperlukan strategi media yang tepat untuk menjangkau efisiensi biaya dari pemilihan media yang tepat sasaran. Penelitian yang dilakukan penulis yaitu pada perumahan Panorama Serpong yang merupakan hunian di kawasan Pamulang yang menggunakan media luar ruang. Media luar ruang merupakan media periklanan yang penempatannya terletak di luar ruang, berfungsi untuk menggugah awareness, maka sebaiknya dibuat seunik mungkin namun pesan tetap harus mudah terbaca. Panorama Serpong memanfaatkan salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam penentuan lokasi media luar ruang yaitu persepsi orang terhadap lokasi dimana media yang tampil dengan ukuran besar maka pemasangnya adalah suatu perusahaan bonafid dan dapat dipercaya. Sehingga Panorama Serpong menggunakan salah satu media luar ruang mereka yaitu billboard dengan ukuran besar diantara perumahan di sekitarnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi media luar ruang perumahan Panorama Serpong dalam menarik minat konsumen. Tujuan yang kedua untuk mengetahui alasan pemilihan media luar ruang yang digunakan perumahan Panorama Serpong sebagai media beriklan. Teori yang digunakan untuk membahas mengenai strategi media diambil dari Terence A. Shimp tentang strategi media luar ruang yaitu memilih audien sasaran, menspesifikasi tujuan, memilih media dan sarana, dan pembelian media serta penjadwalan media. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara mendalam dengan narasumber yang telah ditentukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam melakukan kegiatan kampanye periklanan Panorama Serpong memperhitungkan secara matang menggunakan strategi media dalam penggunaan media luar ruang sebagai sarana untuk mengkomunikasikan pesan-pesan periklanan. Jenis media luar ruang yang digunakan untuk beriklan adalah billboard, spanduk, umbul-umbul, signboard, dan standing signage. Alasan dipilihnya media luar ruang diatas adalah untuk menjangkau audien sasaran yang lebih luas. Media luar ruang biasanya sebagai media sekunder, namun Panorama Serpong menjadikannya sebagai media primer.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FK/MCA. 10 043 |
Call Number: | SK/43/10/078 |
NIM/NIDN Creators: | 44306110002 |
Uncontrolled Keywords: | Strategi, Media |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 12 Dec 2010 11:23 |
Last Modified: | 23 May 2025 03:46 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/23919 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |