FIRMANSYAH, REDHO (2010) DAMPAK KOGNITIF DAN AFEKTIF TAYANGAN ”UYA EMANG KUYA ” DI SCTV TERHADAP SISWA / I SMA NEGERI 17 JAKARTA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (COVER)
cover.pdf Download (107kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf Download (17kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB 1)
Bab I.pdf Restricted to Registered users only Download (27kB) |
|
![]() |
Text (BAB 2)
bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (91kB) |
|
![]() |
Text (BAB 3)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (36kB) |
|
![]() |
Text (BAB 4)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (53kB) |
|
![]() |
Text (BAB 5)
Bab V(1).pdf Restricted to Registered users only Download (11kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
daft Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (195kB) |
Abstract
Media massa adalah suatu jenis komunikasi yang ditujukan kepada sejumlah khalayak yang tersebar, heterogen, dari anonim melewati media cetak atau elektronik, sehingga pesan informasi yang sama dapat diterima secara serentak dan sesaat. Salah satu media massa yang secara efektif dapat mempengaruhi khalayak adalah televisi. UYA Emang Kuya adalah sebuah konsep tayangan yang mengangkat trik dan intrik serta komedi dari atraksi sulap. Reality Show yang dipandu oleh presenter paling konyol dan nyeleneh saat ini namun dapat membuat pemirsa tersenyum atau tertawa geli dialah Uya Kuya. Segmen - segmen menarik seputar sulap akan dikemas sedemikiam rupa sehingga menjadi tontonan yang menghibur. Melihat begitu besarnya minat audiens dalam menonton tayangan Uya Emang Kuya mendorong peneliti untuk meneliti sejauhmana dampak tayangan Uya Emang Kuya terhadap audiens khususnya remaja. Dampak yang ingin diteliti dalam penelitian ini adalah dampak kognitif dan afektif yang dimana dampak kognitif adalah dampak yang timbul pada diri komunikan yang sifatnya informatif bagi dirinya. Sedangkan untuk dampak afektif berhubungan dengan sikap yang terjadi perubahan. Teori S - O – R menjelaskan bahwa efek merupakan reaksi terhadap stimuli (rangsangan) tertentu. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpuilan data dilakukan dengan menyebarkan kuisioner terhadap siswa – siswi SMA Negeri 17 Jakarta yang telah menonton tayangan Uya Emang Kuya. Hasil penelitian menu jukkan bahwa dampak tayangan Uya Emang Kuya terhadap siswa – siswi SMA Negeri 17 Jakarta adalah tinggi, baik dari dampak kognitif maupun dampak afektif dengan persentase sebesar 68,65% (kognitif), 70,14% (afektif) dan dampak keseluruhan 73,13%.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FK/BRD. 10 009 |
Call Number: | SK/41/10/189 |
NIM/NIDN Creators: | 44105010080 |
Uncontrolled Keywords: | Dampak Kognitif, Afektif |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 22 Dec 2010 15:13 |
Last Modified: | 22 May 2025 01:58 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/23868 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |