APLIKASI STEGANOGRAFI PADA CITRA DIGITAL DENGAN MENGGUNAKAN METODE LSB (LEAST SIGNIFICANT BIT)

PARMANTO, CAESAR (2010) APLIKASI STEGANOGRAFI PADA CITRA DIGITAL DENGAN MENGGUNAKAN METODE LSB (LEAST SIGNIFICANT BIT). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (FULL TEXT)
skripsi full.pdf
Restricted to Registered users only

Download (692kB)

Abstract

Steganografi merupakan suatu metode untuk menyimpan suatu informasi yang penting, dan biasanya menggunakan digital media sebagai medianya. Pada tulisan ini, media utama yang dibahas adalah image. Berbeda dengan kriptografi, steganografi dapat disimpan dengan sedemikian rupa sehingga orang awan atau orang yang sedang melakukan penyerangan file tidak akan mengetahui bahwa file tersebut berisi pesan rahasia. Ada berbagai cara untuk menyimpan suatu data rahasia dengan Steganografi. Semakin lama, cara-cara tersebut berkembang dan semakin canggih pula. Terkadang juga Steganografi digabungkan dengan kriptografi agar pesan yang sudah terenkripsi tersebut akan sulit dan tidak akan mudah diduga. Salah satu cara untuk melakukan Steganografi adalah dengan menggunakan Least Significant Byte Insertion. Cara ini sangat efektif, karena dengan mengganti bit-bit yang signifikan, image yang menjadi tempat penyimpanan data tidak mengalami banyak perubahan, bahkan bisa dibilang hampir sama dengan file aslinya. Tulisan ini akan membahas mengenai penggunaan steganografi pada digital media image. Batasan masalah disini adalah bagaimana proses steganografi dengan least significant byte ini dilakukan, dan juga algoritma yang diperlukannya. Selain itu akan dibahas juga bagaimana proses mengekstrak gambar tersebut dilakukan agar pesan yang dikirimkan dapat dibaca oleh penerima. Terakhir mengenai hasil eksperimen yang diperlukan dan juga kesimpulannya. Kata Kunci : Steganografi, Least Significant Byte, Enkripsi, Dekripsi.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FIK/SI. 10 103
Call Number: SIK/18/10/066
NIM/NIDN Creators: 41806010059
Uncontrolled Keywords: Aplikasi
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 005 Computer Programmming, Programs, Data/Pemprograman Komputer, Program, Data > 005.5 General Purpose Application Programs/Program Aplikasi dengan Kegunaan Khusus
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 28 Dec 2010 11:00
Last Modified: 28 May 2024 03:19
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/23849

Actions (login required)

View Item View Item