Pengaruh Penerapan Corporate Governance Terhadap Kinerja Perusahaan Pertambangan(Studi Pada Perusahaan Pertambangan Peserta CGPI Tahun 2005-2008)

Widianti, Astri (2010) Pengaruh Penerapan Corporate Governance Terhadap Kinerja Perusahaan Pertambangan(Studi Pada Perusahaan Pertambangan Peserta CGPI Tahun 2005-2008). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Cover)
Cover.pdf

Download (78kB)
[img] Text (Bab 1)
Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50kB)
[img] Text (Bab 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB)
[img] Text (Bab 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB)
[img] Text (Bab 4)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (68kB)
[img] Text (Bab 5)
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (33kB)
[img] Text (Daftar Pustaka dan Lampiran)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (36kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah ada pengaruh antara penerapan praktik good corporate governance (GCG) dengan kinerja perusahaan. Penerapan praktik GCG diukur dengan skor Corporate Governance Perception Index (CGPI) yang merupakan hasil riset dan pemeringkatan penerapan GCG pada perusahaanperusahaan di Indonesia yang dilakukan oleh The Indonesian Institute for Corporate Governance (IICG) . Skor CGPI merupakan hasil proses penilaian berdasarkan pentahapan self-assessment(pengisian kuesioner), pengumpulan dokumen perusahaan, penyusunan makalah dan presentasi serta observasi ke perusahaan. Kinerja Perusahaan diukur dengan Price to book value ratio (PBV) dan Return on Asset (ROA). Penggunaan pengukuran PBV sebagai ukuran kinera pasar mengikuti penelitian sebelumnya yang pernah dilakukan Arsjah (2002) dan Antasari (2007). Sedangkan ROA digunakan sebagai ukuran kinerja profitabilitas karena dianggap sebagai ukuran yang baik untuk mengukur kinerja profitabilitas perusahaan. Penelitian ini mengambil sampel data perusahaan pertambangan yang menjadi peserta CGPI selama tahun 2005-2008. Metode analisa data yang dipakai menggunakan regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh positif yang signifikan antara penerapan GCG dengan PBV dan ROA.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FE/AK. 10 241
Call Number: SE/AK/10/412
NIM/NIDN Creators: 0320311-018
Uncontrolled Keywords: Pengaruh Penerapan, Corporate Governance,Kinerja, Pertambangan, good corporate governance (GCG), Sko
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 25 Nov 2010 11:45
Last Modified: 05 Jun 2017 04:50
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/23442

Actions (login required)

View Item View Item