Perancangan Dan Pembuatan Aplikasi Traffic Light Control System Berdasarkan Waktu Kantor ( Studi Kasus Perempatan Tomang )

Pratomo, Panji Tri (2010) Perancangan Dan Pembuatan Aplikasi Traffic Light Control System Berdasarkan Waktu Kantor ( Studi Kasus Perempatan Tomang ). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (JURNALMAHASISWA)
41506010114 Panji Tri Pratomo.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Lampu lalu lintas adalah lampu yang digunakan untuk mengatur kelancaran lalu lintas di suatu persimpangan jalan. Karena fungsinya yang begitu penting maka lampu lalu lintas harus dapat dikendalikan dengan semudah mungkin. Sebagian besar pengendalian lampu lalu lintas pada saat ini masih menggunakan timer dan waktu nyala lampu sudah di setting dari awal. Hal itu menyebabkan operator sulit untuk mengubah waktu nyala lampu lalu lintas pada tiap-tiap arah setiap saat. Oleh karena itu dipertimbangkan untuk membuat traffic light yang adaptif berdasarkan sistem yang pro-aktif terhadap perubahan lapangan, entah itu jangka pendek atau jangka panjang, sepanjang hari secara real time. Salah satu solusi untuk hal tersebut diatas adalah dengan merancang sebuah pengendali lampu lalu lintas dengan menggunakan komputer program Visual Basic 6.0 dengan waktu nyala lampu dapat diubah setiap saat. Pada tugas akhir ini akan dirancang sebuah sistem pengendalian lampu lalu lintas khususnya untuk persimpangan Tomang, dengan menggunakan komputer program Visual Basic 6.0 dan memanfaatkan port paralel sebagai interfacing. Perancangan dilakukan dengan cara pembuatan rangkaian sakelar digital yang dikemas dalam bentuk pesawat simulasi/miniatur. Setelah itu merancang perangkat lunak sebagai pengendali yang mengatur keluaran sinyal pada port paralel yang kemudian port paralel tersebut dihubungkan dengan lampu lalu lintas melalui rangkaian sakelar digital. Dengan pengaturan sinyal pada port paralel itulah maka lama waktu dan kondisi lampu lalu lintas dapat diatur setiap saat. Pengujian pengendali ini dilakukan pada perbandingan lama waktu nyala lampu sesuai setting pada program pengendali dengan waktu yang sebenarnya. Serta perbandingan kondisi nyala lampu di program pengendali dengan kondisi nyala lampu di pesawat simulasi.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FIK/INFO. 10 008
Call Number: SIK/15/10/255
NIM/NIDN Creators: 41506010114
Uncontrolled Keywords: traffic light system, real time, persimpangan Tomang, port parallel
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 13 Nov 2010 15:10
Last Modified: 23 Nov 2022 02:48
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/23356

Actions (login required)

View Item View Item