Yuanda, Tommy (2010) PERANCANGAN KAMPANYE “BAHAYA EMISI KENDARAAN BERMOTOR". S1 thesis, Universitas Mercu Buana.
Text (FULL TA KOMUNIKASI VISUAL)
FULL TA.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Di Indonesia khususnya kota – kota besar. Lalu lintas dalam hal ini kendaraan bermotor mempunyai andil yang sangat besar dalam memberikan kontribusi pada polusi udara. Kontribusi gas buang kendaraan bermotor sebagai polusi untuk mencapai 70 %. Masyarakat perkotaan yang setiap harinya berhadapan langsung dengan tingkat pencemaran yang tinggi dan ternyata masih sangat minim pengetahuan dan kesadaraan akan dampak emisi kendaraan bagi kesehatan mereka. Kampanye sosial merupakan suatu gerakan yang dilakukan untuk mengubah perilaku sesuatu yang berkenaan dengan kelompok masyarakat agar menuju ke arah tertentu sesuai dengan gerakan yang dilaksanakan oleh pembuat kampanye. Perancangan ini mengacu pada model kampanye sosial yaitu informasi, persuasif, keputusan penerimaan percobaan, dan konfirmasi revaluasi. Dan teori kampanye yang dikemukkan oleh Rogers dan Storey ( 1987 ) kampanye sebagai serangkaian tindakan komunikasi yang terencana dengan tujuan menciptakan efek tertentu pada sejumlah besar khalayak yang dilakukan secara berkelanjutan pada kurun waktu tertentu. Pendekatan visual atau cara menyampaikan pesan kampanye kepada target sasaran ini akan menggunakan bahasa visual dari ilustrasi 3D ( tiga dimensi ). Pemilihan animasi 3D ( tiga dimensi ) dan ilustrasi 3D ( tiga dimensi ) kartun sebagai pesan visual dari masalah yang terjadi adalah untuk memudahkan target menyerap pesan kampanye. Media yang digunakan adalah media televisi dan media cetak untuk menjangkau target secara luas. Hasil perancangan menggunakan teknik 3 dimensi animasi. Perwakilan dari keadaan nyata masyarakat metropolitan yang makna pesannya mudah dimengerti oleh target audience. Penyajian informasi dalam bentuk 3D kartun yang terlihat nyata dan terlihat alami menjadikan pesan kampanye ini bersifat informatif dan menghibur. Perancangan melalui animasi melalui beberapa tahap, yaitu: modeling, merupakan pembentukan wujud objek properti dan karakter animasi. Tahap texturing, yaitu: pemberian warna dan tekstur pada tiap objek. Tahap animasi, yaitu: penggerakan karakter dan objek bergerak lain. Dan terakhir tahap rendering, yaitu: perubahan objek 3D menjadi image sequence yang dapat dilihat gerakan nya secara nyata.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FK/VC. 10 009 |
Call Number: | SK/44/10/002 |
NIM/NIDN Creators: | 44405010023 |
Uncontrolled Keywords: | KAMPANYE, KENDARAAN BERMOTOR |
Subjects: | 600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 629 Other Branches of Engineering/Cabang Teknik Lainnya > 629.2 Motor Land Vehicles and Cycles Engineering/Teknik Kendaraan Bermotor dan Teknik Sepeda |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Komunikasi Visual |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 07 Mar 2012 12:03 |
Last Modified: | 13 Jan 2025 08:08 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/23105 |
Actions (login required)
View Item |