Pemanfaatan Wintask Untuk Otomatisasi Sistem Informasi Manajemen Memakai Data Excel Dengan Studi Kasus Informasi Akademik

Irham, (2010) Pemanfaatan Wintask Untuk Otomatisasi Sistem Informasi Manajemen Memakai Data Excel Dengan Studi Kasus Informasi Akademik. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (FULL TEXT)
41506110033 Irham.pdf
Restricted to Registered users only

Download (658kB)

Abstract

ABSTRAK Information Technology (IT) merupakan dunia yang sangat cepat dan pesat berubah dan berkembang sesuai dengan kemajuan perkembangan zaman dalam bidang rekayasa secara umum. Perkembangan IT saat ini sangat mempengaruhi kecepatan transaksi yang terjadi dalam perusahaan. Ribuan bahkan jutaan data akan diproses oleh sistem dalam suatu institusi atau perusahaan setiap harinya. Setiap proses data pasti diawali dari input dan diakhiri dengan output. Kebanyakan proses input data itu dilakuakan oleh user atau administrator. Jika terjadi kesalahan input, maka hasilnya pun juga akan salah, Ini merupakan hal yang sering terjadi yang berakibat sangat fatal bagi proses selanjutnya. Dari kasus ini muncul suatu ide, gagasan atau cara bagaimana memanfaatkan suatu aplikasi bahasa pemrograman yang banyak tersedia saat ini untuk dimanipulasi sedemikian rupa sehingga mendapatkan suatu sistem baru yang bisa melakukan proses secara otomatis hanya sekali atau beberapa kali tekan tombol keyboard atau mouse. Aplikasi Open Source Wintask ini adalah salah satu aplikasi (bahasa pemrograman) yang dapat dimanfaatkan untuk membuat sebuah program dapat menjalankan suatu proses input secara otomatis karena wintask dapat mengenali semua tombol yang terdapat pada program lain seperti Microsoft office, Program Visual Basic, Program Delphi dan lain-lain. Dalam tugas akhir atau Skripsi ini akan diambil kasus input database ke Program aplikasi Mahasiswa yang dibangun mengunakan Visual Basic dan proses peng-inputannya secara otomatis dengan mengambil data excel atau membaca file excel sebagai data input atau master input. Prosesnya adalah. 1. Menyediakan atau program mahasiswa untuk input data identitas mahasiswa dan nilai matakuliah dengan Visual Basic. 2. Membuat format excel sebagai data input agar mudah dibaca oleh program wintask. 3. Membangun program otomatis dengan aplikasi emulator wintask. 4. Test Program dan lakukan analisa terhadap input data manual. Hasil uji coba dan analisa yang dilakukan diharapkan bisa memperkecil tingkat kesalahan entry dan menghemat waktu dan tenaga.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FIK/INFO. 10 117
Call Number: SIK/15/10/120
NIM/NIDN Creators: 41506110033
Uncontrolled Keywords: Wintask, Otomatisasi Sistem Informasi Manajemen, Data Excel, Studi Kasus Informasi Akademik
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 29 Mar 2010 10:50
Last Modified: 29 Dec 2022 02:32
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/22867

Actions (login required)

View Item View Item