Aplikasi Pengamanan Kode Sumber (Source Code) PHP Yang Disimpan Pada Public Hosting Service Menggunakan Algoritma Kompresi LZW Dan Enkripsi 3DES

Darmawan, Ony Sixta (2010) Aplikasi Pengamanan Kode Sumber (Source Code) PHP Yang Disimpan Pada Public Hosting Service Menggunakan Algoritma Kompresi LZW Dan Enkripsi 3DES. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (SKRIPSI FULL)
41505120073 Ony Sixta Darmawan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Tidak memiliki server sendiri untuk aplikasi berbasis Web, merupakan salah satu alasan menggunakan jasa Web Hosting, atau Public Hosting Service. Dan aplikasi berbasis web yang ditempatkan pada layanan web hosting atau public hosting service, bukan berarti aplikasi yang boleh dilihat oleh orang lain. Aplikasi berbasis web ini, banyak yang menggunakan server side scripting berbahasa PHP. Dan karena PHP merupakan bahasa script, file PHP ini bisa dilihat, dibaca dan ditiru oleh siapa saja yang mengerti PHP. Bahayanya, jika aplikasi berbasis Web ini berisi kode-kode, atau data, atau informasi, yang tidak seharusnya dibaca atau dilihat oleh orang lain. Solusinya hanya satu, menyembunyikannya. Tetapi dengan jalan bagaimanakah kita melindungi kode PHP ini? Dengan mengeluarkan biaya, yang tentunya tidak sedikit, atau dengan cuma-cuma? Penulis ingin menggunakan cara yang efektif, gratis, dan bisa diterapkan untuk menyembunyikan kode PHP ini, yaitu dengan fasilitas yang sudah ada pada PHP, yaitu 3DES sebagai metode enkripsi, gzip sebagai metode kompresi, dan base64 sebagai penyusunan ulang kode. Dan setelah kode PHP ini disembunyikan, tentunya script PHP harus masih bisa memenuhi tugasnya, yaitu berjalan sesuai dengan fungsinya. Dengan demikian, pemilik aplikasi berbasis web yang menempatkan aplikasinya pada Web Hosting, atau Public Hosting Service, bisa merasa tenang, bahwa aplikasinya sudah tidak mudah lagi dibaca oleh orang lain.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FIK/INFO. 10 086
Call Number: SIK/15/10/097
NIM/NIDN Creators: 41505120073
Uncontrolled Keywords: PHP, pengkodean, implementasi LZW, implementasi 3DES
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 26 Mar 2010 14:56
Last Modified: 14 Dec 2022 06:20
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/22847

Actions (login required)

View Item View Item