PENGEMBANGAN SISTEM VIRTUAL ROOM NAVIGATOR DENGAN VISUALISASI 3D (STUDI KASUS PADA GEDUNG PUSGIWA UNIVERSITAS MERCU BUANA)

SETYAWAN, DONI (2010) PENGEMBANGAN SISTEM VIRTUAL ROOM NAVIGATOR DENGAN VISUALISASI 3D (STUDI KASUS PADA GEDUNG PUSGIWA UNIVERSITAS MERCU BUANA). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (FULL TEXT)
Tugas Akhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (874kB)

Abstract

Sekarang ini visualisasi 3D tidak dapat dipisahkan kemajuan teknologi. Cukup banyak upaya yang ditempuh perancang, mulai dari penggunaan media bantu sampai melakukan pendekatan tertentu. Penulisan Tugas Akhir ini difokuskan pada penggunaan program Blitz3D dan 3D Studio Max 7 sebagai media bantu untuk mengeksplorasi kemungkinan bentuk yang dapat dihadirkan. Eksplorasi dilakukan melalui eksperimen perancangan untuk mencari dan menentukan metoda yang dapat digunakan pada proses modeling, evaluasi dan dasar pengambilan keputusan desain pada perancangan berbasis komputer. Penulis dalam membuat visualisasi 3D menggunakan media komputer dalam perancangan, pemanfaatan perangkat lunak Blitz3D dan 3D Studio Max 7 secara khusus, serta Gedung Pusgiwa Universitas Mercu Buana sebagai objek percobaan perancangan ditujukan untuk menentukan konsep utama. Perancangan modeling diawali dengan penentuan elemen, ukuran dan batasan. Eksplorasi dilakukan dengan metodologi yang ditentukan yaitu : observasi dan penentuan model konseptual, rasionalisasi, dan implementasi. Pengembangan modeling tersebut dilakukan dengan fungsi matematis dan implementasi yang terukur untuk bisa menentukan sumbu-sumbu (X, Y, Z) dengan transformasi matriks, parameter-parameter yang ditentukan oleh perancang dan memanfaatkan fasilitas yang tersedia pada perangkat lunak Blitz3D dan 3D Studio Max 7. Kemudian pada tahap rasionalisasi akan diuji objek rancangan, untuk melihat kesesuaian dan kemungkinan pengembangan yang dapat dilakukan. Pada tahap implementasi, konsep yang telah ditetapkan pada awal perancangan diterapkan pada model dengan melakukan penyesuaian. Implementasi dilakukan untuk memahami pemanfaatan kemampuan Blitz3D dan 3D Studio Max 7 dalam menghasilan bentuk visualisasi 3D. Implementasi memberikan pengalaman yang cukup berarti dalam proses pengembangan dan perancangan visualisasi 3D, dimana hasil visualisasi 3D ini memberikan inspirasi dan imajinasi yang belum pernah terlintas dalam benak penulis. visualisasi ini juga yang memberikan suatu pemahaman baru yang telah ada mengenai pemanfaatan teknologi komputer dalam wilayah kerja arsitektur.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FIK/INFO. 10 264
Call Number: SIK/15/10/033
NIM/NIDN Creators: 01503-016
Uncontrolled Keywords: VISUALISASI 3D, Sistem Virtual Room Navigator, Gedung Pusgiwa, UMB
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 004 Data Processing, Computer Science/Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 307 Communities/Komunitas > 307.1 Planning and Development/Perencanaan dan Pengembangan
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 17 Mar 2010 11:51
Last Modified: 28 May 2024 08:25
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/22812

Actions (login required)

View Item View Item