Dampak Kognitif Iklan Rokok A Mild Versi "Makin Banyak Pilihan, Makin Bingung Milihnya" Di Media Televisi Terhadap Khalayak

, Andri (2010) Dampak Kognitif Iklan Rokok A Mild Versi "Makin Banyak Pilihan, Makin Bingung Milihnya" Di Media Televisi Terhadap Khalayak. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI ANDRI IRAWAN (04303-022) Dampak Kognitif Iklan Rokok A mild versi “Makin Banyak Pilihan, Makin Bingung Milihnya” Di Media Televisi Terhadap Khalayak (xv + 68 halaman : 21 tabel) Bibliografi 22 Iklan disampaikan kepada konsumen melalui berbagai macam media yang masing-masing media tersebut dapat saling menunjang satu dengan lainnya.Ada beberapa macam iklan pada media televisi yang mempunyai dampak yang berbedabeda bagi khalayak yang melihatnya salah satunya adalah iklan rokok A Mild versi “Makin Banyak Pilihan, Makin Bingung Milihnya” dengan tag line Tanya Kenapa? Jika kita liahat baca resapi dan pahami isi pesan tersebut merupakan bentuk kritikan moral terhadap kebijakan pemerintah atau kepada sikap kita sehari-hari, pesan yang tidak mengurui tetapi memiliki makna yang tajam dan mendalam ini sangat menyadarkan kita, dan dengan perkataan akhir atau tag line “Tanya Kenapa(?)”, menjadikan diri kita berintropeksi dan tergerak. Ada banyak model yang menjelaskan dampak komunikasi terhadap respon seseorang. Salah satunya adalah, Hierarchy of effect model yang di populerkan oleh Robert J. Lavidge dan Gary Stainer yang menjelaskan dampak komunikasi terhadap respon khalayak. Hierarchy of effect model memiliki beberapa tahapan, tahapan pertama yaitu Kognitif yang meliputi kesadaran (awareness) dan pengetahuan (knowledge).Tahapan kedua yaitu Afektif yang meliputi perasaan menyukai (liking), pilihan (preference) Tahapan terakhir yaitu Konatif yang meliputi keyakinan (conviction) dan pembelian (purchase).Untuk menggambarkan sebuah pengarh media komunikasi terhadap khalayak,dapat di terapkan melalui model Stimulus respon (S-OR), adalah model komunikasi yang dasar dimodifikasi oleh De fleur. Sifat penelitian yang digunakan adalah Deskriptif dimana peneliti bertujuan untuk mengumpulkan lebih banyak informasi tentang suatu permasalahan , Metode penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode survey memiliki sifat kuantitatif, Metode ini bertujuan untuk mengambil sample dari suatu populasi dengan menggunakan Kuisioner sebagai alat pengumpulan data, Populasi dalam penelitian ini adalah Komplek Harapan Kita RW 02 Kelurahan Bencongan Indah, Curug Tangerang Peneliti mengambil sample penelitian sebanyak 30% dari jumlah populasi, dengan pertimbangan pengambilan sample 30% karma jumlah subjek kurang dari 5000 responden maka pengambilan sample 30% dianggap sudah cukup mewakili. Dari data yang telah diperoleh hasil penelitian, Dampak Kognitif Iklan Rokok A mild versi “Makin Banyak Pilihan, Makin Bingung Milihnya” Di Media Televisi Terhadap Khalayak, maka dapat disimpulkan bahwa tingkat kesadaran responden menunjukan intensitas banyaknya responden yang sering melihat televisi dan tayangan ikan A mild di televisi, dengan frekuensi sebanyak 24 responden menyatakan sangat mengetahui atau sering melihat dan dengan nilai total tingkat kesadaran sebanyak sebayak 7 %. Sedangkan pada tingkat pengetahuan terhadap unsur-unsur iklan dan elemen-elemen iklan yang terdapat pada iklan rokok A mild, dapat diketahui bahwa banyaknya responden dengan frekuensi 13 responden menyatakan sangat mengetahui dan dengan nilai total tingkat pengetahuan sebanyak 12 %.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/MCA. 09 081
Call Number: SK/43/10/012
NIM: 04303-022
Uncontrolled Keywords: IKLAN, MEDIA TELEVISI, KHALAYAK, DAMPAK KOGNITIF
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 02 Mar 2010 12:13
Last Modified: 05 Jun 2017 05:09
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/22800

Actions (login required)

View Item View Item