Penggunaan Algoritma Backtracking Dalam Penyelesaian Permainan Sudoku Menggunakan Visual C++

, Zainal (2010) Penggunaan Algoritma Backtracking Dalam Penyelesaian Permainan Sudoku Menggunakan Visual C++. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (SKRIPSI FULL)
01503-064 Zainal Abidin.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Aplikasi ini dibuat untuk mencari penyelesaian dalam permainan sudoku dengan menggunakan Visual C++ 2005 yang berbasis pada algoritma backtracking. Pada dasarnya, algoritma Backtracking atau runut-balik adalah algoritma yang digunakan untuk mencari solusi yang lebih mangkus dengan berbasis pada algoritma DFS (Depth First Search). Semua kemungkinan solusi dibuat dalam bentuk pohon (tree) terlebih dahulu, kemudian dengan menggunakan metode DFS dilakukan pencarian sampai solusi ditemukan. Karena menggunakan DFS, maka proses pencarian tidak memakan banyak waktu. Secara umum, algoritma ini digunakan antara lain untuk menyelesaikan masalah-masalah yang berkembang secara dinamik (dynamic problem solving) sehingga digunakan juga sebagai dasar kecerdasan buatan (artificial intelligence)

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FIK/INFO. 10 090
Call Number: SIK/15/10/032
NIM/NIDN Creators: 01503-064
Uncontrolled Keywords: Sudoku, Backtracking, Artificial Inteligence, visual c++
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 26 Jan 2010 15:14
Last Modified: 05 Dec 2022 06:43
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/22789

Actions (login required)

View Item View Item