PENYELENGGARAAN SPECIAL EVENT MARKETING PUBLIC RELATIONS PT. TELEVISI TRANSFORMASI INDONESIA (TRANS TV) BAGI KOMUNITAS TRANSMANIA

SUPRAYOGI, ADITYA (2012) PENYELENGGARAAN SPECIAL EVENT MARKETING PUBLIC RELATIONS PT. TELEVISI TRANSFORMASI INDONESIA (TRANS TV) BAGI KOMUNITAS TRANSMANIA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (COVER)
1. Hal Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2 Abstrak.pdf

Download (47kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
3 Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB)
[img] Text (BAB II)
4 Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB)
[img] Text (BAB III)
5 Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB)
[img] Text (BAB IV)
6 Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (614kB)
[img] Text (BAB V)
7 Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8 Halaman Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

PT. Televisi Transformasi Indonesia (TRANS TV) merupakan salah satu stasiun televisi swasta yang disiarkan secara nasional di Indonesia secara resmi melalui izin Pemerintah. TRANS TV adalah perusahaan yang bergerak di bidang jasa. Marketing Public Relations (MPR) TRANS TV merupakan fungsi manajemen yang memfokuskan pada dinamika komunikasi dan informasi dua arah antara TRANS TV dengan publiknya. Salah satu kegiatan eksternal yang dilakukan oleh MPR TRANS TV adalah melakukan kegiatan dengan komunitas pemirsa setia TRANS TV, yang diberi nama TRANSMANIA. TRANSMANIA merupakan pelopor yang pertama kali dibentuk oleh MPR stasiun televisi dalam merangkul pemirsanya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui secara mendalam tentang Penyelenggaraan Special Event MPR TRANS TV bagi TRANSMANIA. Teori dasar yang digunakan Peneliti adalah Teori dari Cutlip yang berisi mengenai tahap-tahap yang harus dilakukan dalam manajemen PR. Tipe penelitian yang digunakan Peneliti adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Peneliti melakukan wawancara mendalam dengan empat orang narasumber yang terkait dengan penyelenggaraan Special Event MPR TRANS TV bagi TRANSMANIA serta didukung oleh berbagai data sekunder. Hasil penelitian yang didapat bahwa dalam program kerjanya MPR TRANS TV menciptakan komunitas tersendiri bagi penonton setianya yang disebut TRANSMANIA. MPR mempunyai rencana dalam penyelenggaraan special event bagi TRANSMANIA agar special event tersebut berjalan dengan baik dan mendapatkan hasil yang sesuai dengan apa yang diharapkan. Special event dijalankan oleh Divisi MPR, yang dimanajemen dengan mengutamakan pengaruh koordinasi efektif, dimana setiap divisi yang saling terkait menjaga hubungan dan koordinasinya dengan baik. Dalam komunikasinya, special event dilaksanakan dengan melibatkan TRANSMANIA yang lebih menekankan pada diskusi dan menggali ide serta tanggapan anggota komunitas terhadap program-program yang diselenggarakan TRANS TV. Program yang diselenggarakan TRANS TV bersama TRANSMANIA memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak. Saran Peneliti agar MPR TRANS TV lebih meningkatkan kesolidan dan loyalitas TRANSMANIA, serta membuat program kerja untuk kedepannya agar lebih terkoordinir dengan baik. TRANSMANIA lebih berpartisipasi dan lebih peduli dalam setiap kegiatan yang diadakan MPR serta menjaga agar tidak terjadi miss communication antara satu dengan yang lainnya. TRANS TV lebih peka terhadap TRANSMANIA sehingga dapat meningkatkan awareness masyarakat, serta dapat meningkatkan citra positif bagi TRANS TV.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 12 136
Call Number: SK/42/12/136
NIM/NIDN Creators: 44209110124
Uncontrolled Keywords: Penyelenggaraan Spacial Event Marketing Public Relations PT. Televisi Tranformasi Indonesia (Trans T
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 20 Nov 2012 15:17
Last Modified: 08 Aug 2025 03:39
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/21924

Actions (login required)

View Item View Item