PEMANTAUAN KONDISI MESIN DIESEL HINO R235 RK8JSKA-MHJ MELALUI ANALISA PELUMAS

RIFAITULLOH, MUHAMAD ATHO (2012) PEMANTAUAN KONDISI MESIN DIESEL HINO R235 RK8JSKA-MHJ MELALUI ANALISA PELUMAS. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
Halaman Judul to Daftar Tabel.pdf

Download (357kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf

Download (148kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
1- BAB I Pendahuluan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB)
[img] Text (BAB II)
2- BAB II Landasan Teori.pdf
Restricted to Registered users only

Download (558kB)
[img] Text (BAB III)
3- BAB III Metode Penelitian.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB)
[img] Text (BAB IV)
4- BAB IV Hasil dan Analisa Data Pengujian.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB)
[img] Text (BAB V)
5-BAB V Penutup.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB)

Abstract

Mesin diesel merupakan mesin penggerak yang banyak di gunakan untuk daya tinggi. Hal ini karena lebih efisien dibanding mesin bensin karena rasio kompressinya tinggi. Selain itu mesin diesel menghasilkan karbondioksida lebih sedikit. Untuk dapat bekerja lebih optimal, mesin diesel harus mendapatkan perawatan yang tepat.Perawatan yang dilakukan adalah perawatan prediktif karena lebih efektif . Salah satunya adalah melakukan pemantauan terhadap pelumasnya. Pelumas memegang peranan penting dalam pendinginan komponen-komponen utama mesin diesel.. Dengan melakukan pemantauan kondisi pelumas kita juga bisa memantau performance mesin, memantau kondisi umum dan komponen serta dapat membantu mencari akar permasalahan penyebab kerusakan. Penelitian dilakukan pada mesin diesel bus Primajasa jurusan Garut – Lebak Bulus. Penelitian dilakukan dengan mengambil sampel pelumas dengan metode pompa sebanyak tiga sampel. Setelah sampel diambil kemudian dilakukan pengujian di Laboratorium milik PT. Corelab. Sampel diambil pada 61.697 km, 67.236 km dan 73.200 km atau diambil setiap 7000 km. Parameter yang diambil yaitu parameter karakteristik khusus dari pelumas yang meliputi viskositas, kandungan air atau water content, fuel dilution, Total Base Number dan kandungan soot atau jelaga dan parameter kandungan logam. Dari hasil pegujian didapat Setelah dilakukan 3 kali pengujian, didapat kesimpulan sebagai berikut, penurunan viskositas terjadi pada sampel 1 dimana umur pemakain oli 7329 km yaitu sebesar 0,00001135 m2 /s. Nilai kandungna air / water content masih berada pada ambang batas yang diijinkan yaitu 0,03% dimana ambang batas yang diijinkan yaitu 0,20% sehingga kondisi ini masih normal. Nilai kandungan bahan bakar yang terkandung dalam oli sangat kecil sekali sehingga keadaan engine masih normal, nilai TBN berada ada level normal dimana nilai terendah TBN berada pada level 9,56 mgKOHg dari 4,60 mgKOHg ambang batas minimum yang diijinkan. Pengujian FTIR nilai jelaga masih normal yaitu 60/cm dari ambang batas maksimum 140/cm. Pengujian kandungan logam menunjukan bahwa ada beberapa unsur yang hasilnya besar yaitu unsur Si, Fe, Cu, dan Al. Namun semuanya masih berada pada kondisi normal.Penambahan jarak operasi (km) belum terlihat secara signifikan pengaruhnya terhadap kondisi mesin. Dimana kondisi mesin secara umum masih ada dalam keadaan normal. Dengan melihat seluruh pengujian, penggantian oli di setiap ±7000 km bisa dilakukan secara rutin, oli masih bisa digunakan lagi namun belum dilakukan penelitian sampai berapa km lagi oli bisa dipakai. Perlu penelitian lanjutan secara rutin yang diambil dari beberapa sampel mesin supaya didapatkan referensi yang valid mengenai extend atau penambahan masa pakai oli.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FT/MSN. 12 047
Call Number: STI/13/12/047
NIM/NIDN Creators: 41310110062
Uncontrolled Keywords: Mesin diesel, pelumas, analisa pelumas, ambang batas, umur oli, normal condition
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 26 Sep 2012 12:38
Last Modified: 10 Dec 2025 01:58
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/21431

Actions (login required)

View Item View Item