WIJANARKO, SIGIT (2012) ANALISA KINERJA DAN EMISI GAS BUANG MESIN BAJAJ 2 LANGKAH DAN 4 LANGKAH. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
1. COVER.pdf Download (282kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf Download (175kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
3. BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (240kB) |
||
|
Text (BAB II)
4. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
||
|
Text (BAB III)
5. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (310kB) |
||
|
Text (BAB IV)
6. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
|
Text (BAB V)
7. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (25kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
8. DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (353kB) |
Abstract
Jakarta telah memiliki tingkat polusi udara yang sangat tinggi. Sekitar 70% polusi yang disebabkan kendaraan bermotor, Termasuk bajaj, kendaraan tiga roda dengan mesin 2 langkah yang sering terlihat di area perumahan dengan jalan sempit. Dengan lebih dari 14.000 bajaj yang terdaftar menjadi penyumbang utama bagi tingginya tingkat hidrokarbon dan karbonmonoksida yang disebabkan oleh teknologi mesin. Pencampuran bahan bakar yang salah dan perawatan mesin yang buruk. Pemerintah jakarta telah berusaha mencari solusi untuk masalah ini. Sebagai contoh telah dicanangkannya pergantian bajaj dengan kendaraan kecil yang memakai mesin 4 langkah. Bagaimanapun, program ini tidak bisa direalisasikan karena mendapat pertentangan keras dari para pemilik bajaj yang disebabkan biaya yang cukup besar untuk pergantian tersebut. Tujuan utama dari penggantian mesin ini adalah untuk mengevaluasi kinerja dan cara alternatif dalam memecahkan masalah polusi udara yang disebabkan oleh kendaraan roda tiga ini. Hasil yang dibandingkan dari test ini adalah hasil dari bajaj 2 langkah dengan bajaj 4 langkah. Hasil test ini menunjukan bahwa bajaj 4 langkah memiliki tingkat emisi gas buang yang rendah dan dapat mengurangi pemakaian bahan bakar dibandingkan dengan bajaj 2 langkah. Walaupun begitu akselerasi yang dicapai oleh bajaj 2 langkah masih lebih baik dibandingkan dengan bajaj 4 langkah. Hasil ini bisa di implementasikan dan digantikan oleh pemilik bajaj.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Call Number CD: | FT/MSN. 12 042 |
| Call Number: | STI/13/12/042 |
| NIM/NIDN Creators: | 41305010022 |
| Uncontrolled Keywords: | Emisi Gas Buang Mesin Bajaj 2 Langkah, 4 Langkah |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Mesin |
| Depositing User: | Admin Perpus UMB |
| Date Deposited: | 26 Sep 2012 12:30 |
| Last Modified: | 10 Dec 2025 02:17 |
| URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/21428 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
