ANGGRAENI, EVI (2012) EFEKTIFITAS KOMUNIKASI INTERNAL TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN PT POS INDONESIA (PERSERO) KABUPATEN KARAWANG 41300. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (COVER)
1. Hal Cover.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2. Abstraksi.pdf Download (12kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB I)
3. BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (46kB) |
|
![]() |
Text (BAB II)
4. BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (97kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
5. BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (165kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
6. BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (224kB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
7. BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (16kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. Hal Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (109kB) |
Abstract
Komunikasi Internal merupakan proses komunikasi yang terjadi di dalam ruang lingkup internal perusahaan, yang meliputi proses penyampaian pesan, dan interpretasi makna di antara anggota organisasi. Komunikasi Internal melalui kegiatan Internal di katakan efektif apabila komunikasi itu dapat menghasilkan perubahan dipihak penerima sesuai dengan harapan atau tujuan komunikator. Perubahan yang dimaksud adalah sikap karyawan dalam bekerja dan pemahaman (understanding) yang baik diantara mereka. Komunikasi yang terjadi didalam suatu organisasi merupakan mekanisme dasar yang dapat menunjukkan prestasi atau kepuasan kerja pada karyawan Peneltian ini menggunakan kerangka teori yang menjadi dasar konsep penelitian. Penulis mengacu kepada konsep Efektifitas Komunikasi berdasarkan pendekatan Humanistik yang dikemukakan oleh Joseph A Devito yaitu keterbukaan, empati, sikap mendukung, sikap positif dan kesetaraan. Dan konsep indikator pengukuran kepuasan kerja yang diambil menurut Malayu S.P Hassibuan yaitu kedisiplinan, moral kerja dan Turnover (Perputaran Tenaga Kerja) yang kecil Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksplanatif dan pendekatan kuantitatif, dengan teknik pengumpulan data berupa survey yang dilakukan dengan cara penyebaran kuesioner kepada karyawan PT Pos Indonesia Pusat Kabupaten Karawang. Dengan populasi 50 karyawan dan sampel sebanyak 50 responden sesuai dengan populasinya, karena penelitian ini menggunakan teknik Total Sampling untuk menetapkan sampelnya. Dari hasil penelitian, terdapat adanya pengaruh efektifitas komunikasi internal terhadap kepuasan kerja PT Pos Indonesia Kabupaten Karawang 41300 dengan nilai korelasi sebesar 0,610 yang merupakan tingkat korelasi yang kuat.dengan nilai koefisien determinasi sebesar 37,2% dengan arti bahwa efektifitas komunikasi internal berkontribusi dalam mempengaruhi kepuasan kerja sebesar 37,2 % sedangkan sisanya 62,8% disebabkan oleh faktor lain. Kesimpulan dari hasil peneltian ini adalah apabila komunikasi internal di PT Pos Indonesia Kabupaten Karawang berjalan baik dan efektif maka kepuasan kerja karyawan pun akan meningkat sehingga mengoptimalkan tercapainya tujuan perusahaan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FK/PR. 12 099 |
Call Number: | SK/42/12/099 |
NIM/NIDN Creators: | 44208010017 |
Uncontrolled Keywords: | Efektifitas Komunikasi, Kepuasan Kerja |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 30 Aug 2012 11:38 |
Last Modified: | 09 Jul 2025 06:25 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/21185 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |