ANALISIS KINERJA SISTEM ANTRIAN PELAYANAN TRANSJAKARTA KORIDOR 1 BLOK M – KOTA DALAM RANGKA MENINGKATKAN PELAYANAN TRANSPORTASI

MARIYATI, MARIYATI (2012) ANALISIS KINERJA SISTEM ANTRIAN PELAYANAN TRANSJAKARTA KORIDOR 1 BLOK M – KOTA DALAM RANGKA MENINGKATKAN PELAYANAN TRANSPORTASI. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (COVER)
01 - HAL COVER.pdf

Download (471kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02 - ABSTRAK.pdf

Download (9kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
03 - BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB)
[img] Text (BAB II)
04 - BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (421kB)
[img] Text (BAB III)
05 - BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB)
[img] Text (BAB IV)
06 - BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB)
[img] Text (BAB V)
07 - BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 - DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (80kB)

Abstract

Penulisan skripsi ini menggunakan metode penelitian deskripsi, yaitu menganalisis, mengidentifikasi dan mendeskripsikan system antrian yang terjadi pada halte bus transjakarta koridor 1 blok M – Kota. Yang menjadi permasalahan adalah waktu tunggu yang lama bagi para penumpang sebelum mereka mendapatkan pelayanan pada saat menunggu armada bus transjakarta. Pelayanan dapat menjadi tolak ukur keberhasilan suatu perusashaan,karena dengan pelayanan yang baik akan meningkatkan tingkat kepercayaan penumpang kepada armada bus transjakarta tersebut sehingga penumpang tidak beralih ke bus yang lain dan tidak ada keuntungan yang hilang bagi transjakarta tersebut. Pelayanan dapat ditingkatkan dengan fasilitas pelayanan (armada bus), maupun fasilitas menunggu bagi para penumpan. Dalam kasus antrian pada koridor 1 Blok M – Kota, terjadi antrian yang panjang sehingga menimbulkan waktu tunggu yang lama bagi penumpang, dan penumpang mengeluhkan hal itu. Sehingga hasil penelitian dapat disimpulakan bahwa dengan mengacu pada lokasi jumlah fasilitas pelayanan yang optimal berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan pada panjangnya antrian dan waktu menunggu penumpang, maka perlua diadakan penambahan fasilitas pelayanan (armada bus) sehingga waktu tunggu penumpag menjadi lebih cepat dibandingkan dengan sebelum ada penambahan armada bus, namun hal tersebut akan menimbulkan biaya bagi pihak transjakrta, maka perlu dilakukan penyimbangan antara keuntungan yang akan hilang dengan biaya yang akan ditimbulkan apabila dilakukan penambahan fasilitas pelayanan (armada bus).

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FE/MJ. 12 175
Call Number: SE/31/12/175
NIM/NIDN Creators: 43108010033
Uncontrolled Keywords: Antrian,Pelayanan, Penumpang, Armada bus transjakarta
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 28 Aug 2012 13:10
Last Modified: 05 Dec 2025 08:14
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/21176

Actions (login required)

View Item View Item