ANALISIS KINERJA DENGAN PENDEKATAN BALANCED SCORECARD ANALISIS KINERJA DENGAN PENDEKATAN BALANCED SCORECARD

TURNIP, JIMMY ARIS ERIS SARAGIH (2012) ANALISIS KINERJA DENGAN PENDEKATAN BALANCED SCORECARD ANALISIS KINERJA DENGAN PENDEKATAN BALANCED SCORECARD. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (COVER)
1. HALCover .pdf

Download (407kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (116kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
3. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)
[img] Text (BAB II)
4. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB)
[img] Text (BAB III)
5.BAB III .pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB)
[img] Text (BAB IV)
6. BAB IV .pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB)
[img] Text (BAB V)
7. BAB V .pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Dalam menghadapi lingkungan bisnis yang semakin kompleks seperti saat ini dibutuhkan metode pengukuran kinerja yang dapat menilai kinerja perusahaan secara akurat dan menyeluruh. Dalam hal ini metode yang dapat digunakan adalah Balanced Scorecard. Tujuan penggunaan metode Balanced Scorecard adalah untuk mengukur kinerja perusahaan dari empat perspektif, yaitu: perspektif pertumbuhan dan pembelajaran, perspektif proses bisnis internal, perspektif pelanggan, dan perspektif keuangan. Penulis melakukan pengukuran pada PT. Ciptakomunindo Pradipta dengan menggunakan data tahun 2010-2011 untuk menganalisis perspektif keuangan, sedangkan untuk perspektif lainnya menggunakan data perusahaan dan perhitungan kuesioner yang disebarkan kepada karyawan PT. Ciptakomunindo Pradipta pada tahun berjalan. Dari hasil pengukuran yang telah dilakukan diketahui bahwa kinerja PT.Ciptakomunindo Pradita secara keseluruhan sudah baik, hal tersebut ditunjukkan dengan nilai Scorecard yang dihasilkan dari masing – masing perspektif. Kesimpulan yang dapat diambil melalui analisis yang sudah dilakukan adalah bahwa Balanced Scorecard merupakan metode yang terbaik dalam melakukan penilaian terhadap kinerja perusahaan, karena Balanced Scorecard mengangkat aspek-aspek penting yang diabaikan oleh pengukuran kinerja secara tradisional, seperti aspek sumber daya manusia, sistem yang digunakan dalam perusahaan, proses operasional, dan aspek kepuasan pelanggan, sehingga hasil pengukuran dengan Balanced Scorecard akan lebih akurat. Hasil pengukuran kinerja yang akurat sangat penting bagi manajemen, baik dalam proses perencanaan, pengambilan keputusan, dan pengendalian, serta dalam mewujudkan visi dan misi perusahaan. Keywords: Balanced Scorecard, Perspektif Keuangan, Perspektf Pelanggan, Perspektif Bisnis Internal, Perspektif Pembelajaran dan Pertumbuhan.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/AK. 12 240
Call Number: SE/32/12/240
NIM/NIDN Creators: 43209110056
Uncontrolled Keywords: Balanced Scorecard, Perspektif Keuangan, Perspektf Pelanggan, Perspektif Bisnis Internal, Perspekti
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 07 Aug 2012 13:06
Last Modified: 23 Sep 2025 08:25
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/21014

Actions (login required)

View Item View Item