STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU DALAM MENGKOMUNIKASIKAN PERUBAHAN MNCTV TAHUN 2010

FERDIANSYAH, RUBBY (2012) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU DALAM MENGKOMUNIKASIKAN PERUBAHAN MNCTV TAHUN 2010. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (COVER)
Hal Cover .pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAKSI.pdf

Download (179kB) | Preview
[img] Text (Bab 1)
Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB)
[img] Text (Bab 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (367kB)
[img] Text (Bab 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB)
[img] Text (Bab 4)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Bab 5)
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB)
[img] Text (Daftar Pustaka dan Lampiran)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB)

Abstract

MNCTV yang semula bernama Televisi Pendidikan Indonesia (TPI) melakukan rebranding dengan mengganti identitas perusahaan secara menyeluruh, mulai dari nama, logo, tagline, kultur, sampai dengan strategi dan kebijakan strategis perusahaan. Pihak perusahaan melakukan rebranding karena didasari oleh adanya survey tentang perbandingan antara rating & share audience, serta pendapatan iklan. Meskipun rating dan shared audience bagus, ternyata pendapatan iklan yang diperoleh tidaklah signifikan. Karena menurut survey penonton TPI tidak memiliki daya beli, sehingga produsen kurang tertarik memasang iklan. Perusahaan juga merubah segmentasi dan target khalayak yang semula SES E menjadi BCD. Hal itu dilakukan untuk meraih penonton potensial, sehingga pengiklan semakin tertarik beriklan. Rebranding juga bertujuan untuk menghadapi persaingan yang ketat, agar tampilannya lebih modern/kekinian, inovatif, dan mengutamakan konten lokal. Model komunikasi pemasaran terpadu yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsep dari Belch & Belch, dalam bukunya “Advertising and Promotion, An Integrated Marketing Communications perspective”. Dalam penelitian ini, penulis berusaha membahas rebranding yang dilakukan MNCTV dilihat dari segi alur komunikasi pemasaran terpadu. Penelitian ini memiliki tipe desktiptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara dengan narasumber secara mendalam kepada pihak yang dinilai mengetahui secara jelas proses rebranding di MNCTV. Berdasarkan hasil penelitian, strategi komunikasi pemasaran terpadu dari Belch & Belch dalam mengkomunikasikan perubahan TPI menjadi MNCTV adalah dengan meninjau ulang perencanaan strategi komunikasi sebelumnya sampai dengan monitor dan evaluasi hasilnya.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/MCA. 12 019
Call Number: SK/43/12/019
NIM/NIDN Creators: 44308120054
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi, Pemasaran Terpadu, MNCTV, 2010
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 22 May 2012 13:09
Last Modified: 25 Jun 2025 06:38
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/20762

Actions (login required)

View Item View Item