SARI, NITA PURNAMA (2012) EFEKTEFITAS KOMUNIKASI INTERNAL DI IMQLKBN ANTARA DALAM MEMENUHI KEPUASAN INFORMASI ORGANISASI. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.
![]() |
Text (COVER)
1. cover.pdf Restricted to Registered users only Download (400kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2. abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (71kB) |
![]() |
Text (BAB I)
3. BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (144kB) |
![]() |
Text (BAB II)
4. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (175kB) |
![]() |
Text (BAB III)
5. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (156kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
6. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (243kB) |
![]() |
Text (BAB V)
7. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (98kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (871kB) |
Abstract
Komunikasi merupakan proses interaksi antar manusia, baik secara perorangan, kelompok, maupun organisasi. Dalam interaksi tersebut terdapat aksi dan reaksi yang dalam ilmu komunikasi disebut tindakan komunikasi. Tindakan komunikasi dapat dilakukan berbagai cara, baik dalam bentuk verbal ( bentuk kata-kata lisan ) maupun non verbal ( gesture, sikap, tingkah laku, gambar-gambar dan bentuk lainnya ). Kerangka penelitian dari penelitian ini adalah definisi komunikasi, serta teori mengenai Komunikasi Organisasi yaitu beberapa definisi komunikasi organisasi, fungsi dan tujuan komunikasi organisasi, fungsi pesan dalam organisasi, komunikasi internal, efektifitas komunikasi, dan kepuasan komunikasi organisasi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tipe penelitian deskriptif dengan menggunakan metode kuantitatif. Penelitian ini difokuskan pada penyebaran kuesioner ke 49 responden di Kantor IMQ – LKBN ANTARA, namun penulis menambahkan penelitian ini dengan melakukan beberapa wawancara dengan pihak manajemen untuk mengetahui efektifitas komunikasi internal. Pada penelitian dari 49 responden, menunjukkan bahwa responden menyatakan komunikasi interal di IMQ-LKBN ANTARA adalah Sangat Efektif karena pada table akumulasi dapat disimpulkan bahwa responden menjawab sangat efektif sebanyak 27 orang dengan persentase sebesar 65%. Hasil wawancara dengan Manajer SDM diperoleh informasi mengenai efektifitas komunikasi internal di Kantor IMQ – LKBN ANTARA sudah baik, berbagai upaya sudah dilakukan oleh perusahaan untuk mensejahterakan karyawannya agar karyawan tersebut mampu memberikan kontribusi yang optimal. Dan hasil wawancara dengan pihak Manajemen Kantor IMQ – LKBN ANTARA diperoleh informasi bahwa perusahaan telah menyediakan media yang digunakan untuk sumber informasi karyawan yang walaupun dari media email internal tidak seluruh karyawan yang memiliki user dan mampu mengaksesnya. Pada penelitian ini diharapkan karyawan mampu menciptakan hubungan yang harmonis baik hubungan secara horizontal maupun vertikal begitupun sebaliknya, agar sebuah informasi dapat cepat samp
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FK/PR. 12 043 |
Call Number: | SK/42/12/043 |
NIM/NIDN Creators: | 4420401-047 |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 19 Apr 2012 16:23 |
Last Modified: | 11 Jul 2025 08:03 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/20677 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |